EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN UMPAN BALIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PALOPO

Aldawia, Aldawia (2014) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN UMPAN BALIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Aldawia.pdf] Text
Aldawia.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nama : ALDAWIA
NIM : 09.16.12.0003
Judul : Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Umpan Balik
Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP
Muhammadiyah Palopo

Skripsi ini membahas tentang hasil belajar matematika sebelum
menggunakan metode Pembelajaran Umpan Balik dan setelah menggunakan
metode Pembelajaran Umpan Balik siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Palopo
untuk mendapatkan informasi secara formal dan akurat tentang hasil belajar
siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tujuan penelitian ini
yaitu (a) Ingin mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah Palopo sebelum diterapkan metode Pembelajaran Umpan Balik ),
(b) Ingin mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah Palopo setelah diterapkan metode Pembelajaran Umpan Balik ,
(c) Ingin mengetahui apakah metode Pembelajaran Umpan Balik lebih efektif
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Palopo.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah Palopo tahun ajaran 2013/2014. Data yang diperoleh dianalisis
dengan statistika deskriptif. Berdasarkan pemberian soal pre-test pada kelas
eksperimen sebelum diterapkan metode Pembelajaran Umpan Balik, diperoleh
nilai rata-rata = 67,08; standar deviasi (S) = 10,29; dan varians (S2
) = 105,91.
Sedangkan pada pemberian soal post-test pada kelas eksperimen setelah
diterapkan metodePembelajaran Umpan Balik, diperoleh nilai rata-rata = 74,29;
standar deviasi (S) = 8,04; dan varians (S2
) = 64,64. Artinya dari kedua nilai hasil
belajar matematika siswa tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
matematika siswa pada soal pre-test dan post-test kelompok eksperimen yang
telah diujikan sebelum dan setelah adanya perlakuan atau diterapkan metode
Pembelajaran Umpan Balik smemiliki perbedaan yang signifikan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2023 00:37
Last Modified: 13 Jun 2023 00:37
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6587

Actions (login required)

View Item View Item