PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN FLASH BACK/REVIEW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN PALOPO

Saputra, Alpin (2014) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN FLASH BACK/REVIEW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Alpin Saputra.pdf] Text
Alpin Saputra.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
ALPIN SAPUTRA, 2014. “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode
Pembelajaran Flash Back/Review Terhadap Hasil Belajar Matematika
Siswa Kelas X MAN Palopo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Matematika Jurusan Tarbiyah. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN) Palopo. (dibimbing oleh Sukirman Nurdjan S.S., M.Pd dan
Muh. Hajarul Aswad, S.Pd., M.Si).
Kata Kunci : Persepsi Siswa, Metode Pembelajaran Flash Back/Review dan
Hasil Belajar Matematika
Skripsi ini membahas tentang (1) Bagaimana persepsi siswa tentang metode
pembelajaran flash back/review? (2) Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas
X MAN Palopo? (3) Apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang metode
pembelajaran flash back/review terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X
MAN Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jumlah populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas X MAN Palopo yang berjumlah 138 siswa, dan
terdiri dari 6 kelas. Adapun jumlah sampel berjumlah 36 orang, yaitu seluruh kelas X
yang dilakukan dengan cara random sampling. Teknik analisis yang digunakan ada
dua macam yaitu teknik analisis deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian deksiptif menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang
metode pembelajaran flash back/review siswa kelas X MAN Palopo memperoleh
nilai rata-rata (mean) 68. Standar deviasi 8,542. Sedangkan skor maksimum 85 dan
skor minimum 51. Bedasarkan indikator 1 sampai 4, persepsi siswa tentang metode
pembelajaran flash back/review rata-rata memilih sangat setuju dan setuju.
Sedangkan untuk hasil belajar siswa kelas X MAN Palopo memperoleh nilai rata-rata
77,64 dengan standar deviasi 6,7, skor maksimum adalah 92 dan skor minimum
adalah 64. Dengan distribusi persentase 0% yang memperoleh nilai sangat kurang,
0%yang memperoleh kurang, 5,56% memperoleh cukup, 77,8% yang
memperolehnilai baik dan 16,7% yang memperoleh kategori baik sekali. Hasil
analisis inferensial menunjukkan bahwa redapat pengaruh persepsi siswa tentang
metode pembelajaran flash back/review (X) terhadap hasil belajar matematika (Y).
Pada lampiran X, mengenai koefisien determinasi adalah 0,64 yang berarti bahwa
64,5 naik turunnya hasil belajar matematika siswa ditentukan oleh metode
pembelajaran flash back/review.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2023 00:43
Last Modified: 13 Jun 2023 00:43
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6588

Actions (login required)

View Item View Item