PENGARUH KECEMASAN DALAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PALOPO

Herlina, Herlina (2014) PENGARUH KECEMASAN DALAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Herlina.pdf] Text
Herlina.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
HERLINA, 2014.” Pengaruh Kecemasan Dalam Belajar Terhadap Prestasi
Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Palopo”
Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah.
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. (Di bimbing oleh Drs.
Hisban Thaha, M.Ag dan Nursuiamin, M.Si, S.Pd).
Kata Kunci : Kecemasan Dalam Belajar dan Prestasi Belajar Matematika.
Skripsi ini membahas tentang (1) Gambaran kecemasan dalam belajar
matematika yang dialami siswa kelas X SMA Muhammadiyah Palopo.(2) Gambaran
prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Muhammadiyah Palopo. (3) Apakah
kecemasan belajar matematika mempunyai pengaruh negatif terhadap prestasi belajar
matematika siswa kelas X SMA Muhammadiyah Palopo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jumlah populasi dalam
penelitian ini adalah kelas X SMA Muhammadiyah palopo yang berjumlah 28 siswa.
Terdiri dari satu kelas. Sampelnya berjumlah 28 orang siswa. Bentuk instrumen yang
digunakan berupa angket dengan skala likert, dan prestasi belajar matematika yang
diperoleh dari nilai Ulangan Harian Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014.
Teknik analisis yang digunakan ada dua macam yaitu teknik analisis statistik
deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil kecemasan dalam belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah Palopo
memperoleh nilai rata-rata (mean) 70.78 dengan standar deviasi 13.25, sedangkan
skor maksimum 88 dan skor minimum 42. Dengan distribusi persentase 25.79%
mengalami kecemasan dalam belajar matematika, 22.92% yang ragu-ragu apakah
mengalami kecemasan atau tidak dalam belajar matematika dan 51,29% yang tidak
mengalami kecemasan dalam belajaran matematika. Sedangkan untuk prestasi belajar
matematika siswa kelas X SMA Muhammadiyah Palopo memperoleh nilai rata-rata
(mean) 82.93 dengan kategori baik, standar deviasi 6,69 dengan skor maksimum 94
dan minimumnya 70. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa tidak mempunyai
pengaruh kecemasan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA
Muhammadiyah Palopo. Sehingga tidak dilanjutkan ke uji hipotesis. Dengan
demikian dapat diketahi bahwa konstribusi variabel kecemasan dalam belajar (X)
sangat kecil terhadap prestasi belajar matematika (Y), dimana nilai koefesien
determinasi (KD) sebesar 23 % dan selebihnya 77% dipengaruhi oleh faktor lain
yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Dengan demikian H1 diterimah, artinya hipotesis awalnya (Ho) ditolak. Jadi
hasil penelitian siswa kelas X SMA Muhammadiyah Palopo Optimis, dan tidak
mengalami kecemasan dalam belajaran matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:20
Last Modified: 13 Jun 2023 02:20
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6596

Actions (login required)

View Item View Item