STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SEBELUM DAN SESUDAH DITERAPKAN METODE PEMBELAJARAN HOLISTIK PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH BATUSITANDUK

Irawan, Irawan (2015) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SEBELUM DAN SESUDAH DITERAPKAN METODE PEMBELAJARAN HOLISTIK PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH BATUSITANDUK. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Irawan.pdf] Text
Irawan.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nama : Irawan
Nim : 09.16.12.0084
Judul : Studi Perbandingan Hasil Belajar Matematika Sebelum dan
Sesudah Diterapkan Metode Pembelajaran Holistik pada Siswa
Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk
Permasalahan pokok pada penelitian ini adalah membandingkan antara hasil
belajar matematika sebelum dan sesudah diterapkan metode pembelajaran holistik
siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk? Adapun sub pokok
masalahnya yaitu : 1. Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VIII Madrasah
Tsanawiyah Batusitanduk sebelum diterapkan metode pembelajaran Holistik? 2.
Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah
Batusitanduk sesudah diterapkan metode pembelajaran Holistik? 3. Bagaimana
perbandingan hasil belajar matematika sebelum dan sesudah diterapkan metode
pembelajaran Holistik pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk?
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi sekaligus sampel
dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah
Batusitanduk tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 40 orang siswa yang tersebar 2
(kelas) dimana kelas VIIIa sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIIIb sebagai kelas
Kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik
deskriptif.
Berdasarkan analisis statistik deskriptif diperoleh hasil belajar matematika
peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk sebelum diterapkan
metode pembelajaran holistik untuk kelas kontrol memperoleh rata-rata 61,25 dan
kelas eksperimen memperoleh rata-rata 64,9. Keduanya termasuk dalam kategori
kurang. Sedangkan hasil belajar matematika peserta siswa kelas VIII Madrasah
Tsanawiyah Batusitanduk setelah diterapkan metode pembelajaran holistik untuk
kelas kontrol memperoleh rata-rata 65,15 termasuk dalam kategori kurang dan kelas
eksperimen memperoleh rata-rata 75,3 termasuk dalam kategori cukup. Berdasarkan
hasil tersebut diketahui terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa sebelum dan
sesudah diterapkan metode pembelajaran holistik. Perbedaan hasil belajar tersebut
ditunjukkan dengan adanya perbedaan hasil analisis statistika deskriptif pre-test dan
post-test pada kelas eksperimen

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:28
Last Modified: 13 Jun 2023 02:28
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6597

Actions (login required)

View Item View Item