MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MNEMONIC PADA SISWA KELAS VIIA MTs BATUSITANDUK

Ismiwati, Ismiwati (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MNEMONIC PADA SISWA KELAS VIIA MTs BATUSITANDUK. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Ismiwati.pdf] Text
Ismiwati.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nama Penulis : Ismiwati
NIM : 09.16.12.0132
Judul : Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa
Kelas VII A MTs. Batusitanduk dengan Menggunakan Teknik
Mnemonic
Penelitian tindakan kelas ini berkenaan dengan pembelajaran mnemonik dalam
proses belajar mengajar pada siswa kelas VIIA MTs. Batusitanduk Kabupaten Luwu.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah, apakah hasil belajar matematika dapat
ditingkatkan melalui penggunaan teknik mnemonic pada siswa Kelas VIIA MTs
Batusitanduk Kabupaten Luwu?
Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
matematika melalui teknik Mnemonic pada siswa kelas VIIA MTs Batusitanduk
Kabupaten Luwu.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar
observasi, dan tes hasil belajar.
Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode
kuantitatif dan analisis kualitatif.
Hasil penelitian adalah setelah penerapan teknik Mnemonic pada siklus I
skor rata–rata hasil belajar siswa dalam matematika pada kelas VIIA MTs
Batusitanduk Kabupaten Luwu adalah 49,82 berada pada kategori rendah sedangkan
pada siklus II skor rata-rata hasil belajar matematika siswa 66,67 berada pada
kategori tinggi, dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam matematika pada
kelas VIIA MTs Batusitanduk Kabupaten Luwu karena siswa sudah mampu
beadaptasi dengan teknik Mnemonic.
Implikasi peneliti yaitu kepada semua pendidik khususnya guru matematika,
diharapkan mampu mengunakan berbagai macam teknik/ metode yang sesuai dengan
materi yang diajarkan agar supaya anak dapat memahami pelajaran matematika
dengan baik dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan kepada calon Peneliti,
akan dapat mengembangkan dan memperkuat teknik ini serta memperkuat hasil
penelitian ini dengan cara mengkaji terlebih dahulu dan mampu mengadakan
penelitian yang lebih sukses

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:32
Last Modified: 13 Jun 2023 02:32
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6598

Actions (login required)

View Item View Item