PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN QUANTUM LEARNING SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PALOPO

M. Kahiruddin, M. Kahiruddin (2014) PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN QUANTUM LEARNING SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of M. Kahiruddin.pdf] Text
M. Kahiruddin.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
M. KAHIRUDDIN,. 2014. Perbedaan Motivasi Belajar Matematika Sebelum dan
Sesudah Penerapan Quantum Learning Siswa Kelas X SMA Negeri 4
Palopo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan
Tarbiyah. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo.
Pembimbing (I). Dr. H. Bulu’ K.,M.Ag. Pembimbing (II). Nursupiamin,
S.Pd., M.Si.
Kata Kunci: Quantum Learning, Motivasi Belajar Matematika
Skripsi ini membahas tentang (1) bagaimana gambaran motivasi belajar
matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Palopo sebelum dan sesudah penerapan
Quantum Learning? (2) apakah ada perbedaan motivasi belajar matematika sebelum
dan sesudah penerapan Quantum Learning siswa kelas X SMA Negeri 4 Palopo.?.
Penelitian ini adalah penelitian Pre eksperimental design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Palopo tahun ajaran
2013/2014 yang terdiri dari 8 kelas dan berjumlah sebanyak 133 siswa. Sedangkan
jumlah sampel yang digunakan sebanyak 37 siswa. Data yang diperoleh dari
pelaksanaan penelitian dianalisis secara statistik yaitu (1) statistik deskriptif untuk
mendeskripsikan motivasi belajar matematika dengan penerapan Quantum Learning,
(2) statistik inferensial untuk menguji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa motivasi belajar
matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Palopo sebelum diterapkan Quantum
Learning bahwa dari 100% siswa kelas X SMA Negeri 4 Palopo terdapat sebagian
kecil (22,97%) yang senang terhadap pelajaran matematika, hampir setengahnya
(37,84%) yang ragu-ragu senang atau tidak senang terhadap pelajaran matematika,
dan hampir setengahnya (39,19%) yang tidak senang terhadap pelajaran matematika.
Adapun motivasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Palopo sesudah
diberikan quantum learning bahwa dari 100% siswa kelas X SMA Negeri 4 Palopo
terdapat sebagian besar (71,62%) yang senang terhadap pelajaran matematika,
hampir setengahnya (25,23%) yang ragu-ragu senang atau tidak senang terhadap
pelajaran matematika, dan sebagian kecil (3,15%) yang tidak senang terhadap
pelajaran matematika.
Berdasarkan hasil analisis inferensial atau pengujian hipotesis diperoleh
������� = 35,02 dan t tabel = �
�,���
��� = 1,69. Oleh karena t hitung > t tabel, maka
disimpulkan Ho ditolak dengan kata lain terdapat perbedaan yang signifikan antara
motivasi sebelum dan sesudah penerapan metode Quantum Learni

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:09
Last Modified: 13 Jun 2023 03:09
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6601

Actions (login required)

View Item View Item