EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA CD PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN KELOMPOK SISWA KELAS VI SDN 010 RANTE BONE KECAMATAN SABBANG KABUPATEN LUWU UTARA

Setiawan, Muh. Arief (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA CD PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN KELOMPOK SISWA KELAS VI SDN 010 RANTE BONE KECAMATAN SABBANG KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Muh. Arif Setiawan.pdf] Text
Muh. Arif Setiawan.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nama : MUH. ARIF SETIAWAN
NIM : 09.16.12.0031
Judul : Efektivitas penggunaan media CD Pembelajaran dalam Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika pada Pembelajaran Kelompok Siswa Kelas
VI SDN 010 Rante Bone, Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu
Utara
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu 1. Bagaimana tingkat hasil belajar
matematika siswa dalam pembelajaran kelompok siswa kelas VIB SDN 010 Rante
Bone yang diajar dengan menggunakan media CD pembelajaran? 2. Bagaimana
tingkat hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran kelompok siswa kelas VIA
SDN 010 Rante Bone yang diajar tanpa menggunakan media CD pembelajaran? 3.
Apakah hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran kelompok siswa kelas
VIB SDN 010 Rante Bone yang diajar dengan menggunakan media CD pembelajaran
lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran
kelompok siswa kelas VIA SDN 010 Rante Bone yang diajar tanpa menggunakan
media CD pembelajaran?
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk melihat
apakah ada perbedaan hasil belajar matematika pada pembelajaran kelompok siswa
kelas VIB SDN 010 Rante Bone yang diajar dengan menggunakan media CD
pembelajaran dan hasil belajar matematika pada pembelajaran kelompok siswa kelas
VIA SDN 010 Rante Bone yang diajar tanpa menggunakan media CD pembelajaran.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI SDN 010 Rante Bone
tahun ajaran 2013/2014 yang terbagi kedalam 2 rombel yaitu kelas VIA dan kelas
VIB. Teknik pengambilan sampel yang digunakan samplinng jenuh. Data yang
diperoleh kemudian diolah dengan anasisis statistik deksriptif.
Berdasarkan hasil penelitian, data yang diperoleh dianalisis dengan statistik
deskriptif. Menunjukkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang
mendapat perlakuan di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 77,50, varians
(�

) = 56,54 dan standar deviasi (S) = 7,52. Sedangkan peserta didik yang tidak
mendapatkan perlakuan di kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 58,57, varians
(�

) = 210,35 dan standar deviasi (S) = 14,50. Berarti dari ke dua analisis statistik
Deksriptif menyimpulkan bahawa hasil belajar matematika pada pembelajaran
kelompok siswa kelas VIB yang diajar dengan menggunakan media CD pembelajaran
lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika pada pembelajaran
kelompok siswa kelas VIA yang diajar tanpa menggunakan media CD pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:14
Last Modified: 13 Jun 2023 03:14
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6602

Actions (login required)

View Item View Item