MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII MTS BATUSITANDUK KABUPATEN LUWU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR

Nawir, Muh (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII MTS BATUSITANDUK KABUPATEN LUWU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Muh. Nawir.pdf] Text
Muh. Nawir.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Muh Nawir. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Kelas VII Mts
Batusitanduk Kabupaten Luwu Melalui Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur. Dibimbing
oleh Dra. St. Marwiyah, M. Ag dan Nur Rahmah, S. Pd. I. M. pd.
Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Model Tipe Kepala
Bernomor Struktur (KBS).
Skripsi ini membahas tentang model pembelajaran kooperatif Tipe Kepala
Bernomor Struktur (KBS) untuk meningkatkan Hasil Belajar matematika siswa kelas
VIIA MTS Batusitanduk. Penelitian ini adalah tindakan kelas yang bertujuan untuk
mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor
struktur dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIA MTS
Batusitanduk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA MTS Batusitanduk pada
semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 48 orang.
Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus
dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan
menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi, dan tanggapan siswa. Data hasil
belajar yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan data
hasil obsevasi dianalisis dengan analisis kualitatif. Dari analisis deskriptif
menunjukkan : bahwa hasil dari tes awal siswa memperoleh skor rata-rata siswa
51,14 atau sebesar 35, 41 %. Setelah penerapan model pembelajaran tipe Kepala
Bernomor Struktur hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa pada
siklus I sebesar 61,66 atau sebesar 62,5%. Sedang pada siklus II diperoleh skor rata�rata sebesar 72,39 atau sebesar 83,33%. Hal ini menunjukkan telah tercapai hasil
belajar siswa secara klasikal.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya
model pembelajaran koopertif tipe Kepala Bernomor Struktur pada siswa kelas VIIA
MTS Batusitanduk dalam proses pembelajaran, maka hasil belajar matematika,
kehadiran, kesiapan dan keaktifan siswa dapat meningkat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2023 05:28
Last Modified: 13 Jun 2023 05:28
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6603

Actions (login required)

View Item View Item