STUDI PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DUDUK DI DEPAN DAN DI BELAKANG SMP NEGERI 1 SUKAMAJU

Muhajirin, Muhajirin (2014) STUDI PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DUDUK DI DEPAN DAN DI BELAKANG SMP NEGERI 1 SUKAMAJU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Muhajirin.pdf] Text
Muhajirin.pdf

Download (699kB)

Abstract

ABSTRAK
NAMA : MUHAJIRIN
NIM : 09.16.12.0092
JUDUL : Studi Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa yang
Duduk di Depan dan di Belakang SMP Negeri 1 Sukamaju
Permasalahan pokok penelitian ini adalah bagaimana perbedaan prestasi
belajar matematika siswa SMPN 1 Sukamaju yang posisi duduknya di depan dan
di belakang? Adapun sub pokok masalahnya yaitu: 1. Bagaimana gambaran
prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Sukamaju yang posisi duduknya
di depan? 2. Bagaimana gambaran prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri
1 Sukamaju yang posisi duduknya di belakang? 3. Apakah ada perbedaan yang
signifikan prestasi belajar matematika siswa yang posisi duduknya di depan dan di
belakang SMP Negeri 1 Sukamaju?
Penelitian ini bertujuan: a. Untuk mengetahui gambaran prestasi belajar
matematika siswa yang posisi duduknya di depan, b. Untuk mengetahui gambaran
prestasi belajar matematika siswa yang posisi duduknya di belakang, c. Untuk
mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika
siswa yang posisi duduknya di depan dan di belakang SMP Negeri 1 Sukamaju.
Penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto, sedangkan sampel dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa yang posisi duduknya di depan dan di belakang
kelas VII dan VIII SMP Negeri 1 Sukamaju tahun ajaran 2012/2013. Teknik
pengumpulan data yaitu dokumentasi berupa nilai rapor siswa. Data yang
diperoleh dari pelaksanaan penelitian dianalisis secara statistik yaitu: 1) Statistik
deskriptif untuk mendeskripsikan prestasi belajar matematika siswa 2). Statistik
inferensial untuk menguji normalitas data, homogenitas varians, dan Uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) prestasi belajar matematika siswa
yang duduk di depan SMP Negeri 1 Sukamaju dapat dilihat pada hasil deskriptif
dengan skor rata-rata 78,61 varians 46,432 standar deviasi 6,814 rentang skor 23
skor terendah 70 dan skor tertinggi 93 dari skor ideal 100, b) Prestasi belajar
xv
matematika siswa yang duduk di belakang SMP Negeri 1 Sukamaju dapat dilihat
pada hasil deskriptif dengan skor rata-rata 71,86 varians 14,523 standar deviasi
3,811 rentang skor 24 skor terendah 62 dan skor tertinggi 86 dari skor ideal 100,
c) Berdasarkan hasil hipotesis dengan melakukan Uji-t untuk mengetahui
perbandingan yang signifikan antara prestasi belajar matematika siswa yang
duduk di depan dan di belakang yakni nilai rata-rata untuk prestasi belajar
matematika siswa yang duduk di depan 78,61 dan prestasi belajar matematika
siswa yang duduk di belakang 71,86 dengan signifikansi 0.000. Artinya terdapat
perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika siswa yang duduk di depan
dan di belakang SMP Negeri 1 Sukamaju tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2023 05:33
Last Modified: 13 Jun 2023 05:33
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6604

Actions (login required)

View Item View Item