PENERAPAN PENDEKATAN SAVI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII.i SMP NEGERI 2 PALOPO

Nirmala, Nirmala (2014) PENERAPAN PENDEKATAN SAVI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII.i SMP NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Nirmala.pdf] Text
Nirmala.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nirmala, 2014. Penerapan Pendekatan Savi (Somatis, Auditori, Visual dan
Intelektual) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas
VIII.i SMP Negeri 2 Palopo. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Matematika Jurusan Tarbiyah. Dibawa bimbingan Dr. Hasbi, M.Ag dan
Nur Rahma, S.Pd.I., M.Pd.
Kata kunci: Pendekatan SAVI, Hasil Belajar,
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan
pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) dapat meningkatkan
hasil belajar matematika peserta didik SMP Negeri 2 Palopo. Penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas atau Action Research Classroom dengan mengikuti
rancangan model yang dikembangkan oleh Riel yang dilaksanakan sebanyak dua
siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.i dengan jumlah 31
orang pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan
pada penelitian ini berupa tes dan lembar observasi baik peserta didik maupun
guru (peneliti). Selanjutnya data tes dianalisis secara kuantitatif deskriptif, sedang
lembar observasi dianalisis secara kualitatif deskriptif.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata hasil belajar
matematika melalui pendekatan SAVI pada peserta didik kelas VIII.i SMP Negeri
2 Palopo pada siklus I adalah 63,55 dan pada siklus II adalah 73,71 dari skor
ideal 100. Secara deskriptif terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar matematika
pada peserta didik kelas VIII.i SMP Negeri 2 Palopo dari siklus I dan II sebesar
10,91 atau dari kategori kurang (rendah) menjadi kategori cukup (sedang). hasil
observasi peserta menunjukkan untuk aspek somatis diperoleh persentase peserta
didik yang mempersiapkan diri dan alat belajar untuk menerima pelajaran
meningkat dari 42,742% menjadi 55,645% peserta didik yang mampu membuat
latihan soal meningkat dari 31,452% menjadi 53,225%. Aspek auditori diperoleh
persentase peserta didik yang mendengarkan materi dengan baik pada siklus I
meningkat dari 34,677% menjadi 70,161%, persentase peserta didik yang
menyimak pertanyaan atau isu yang terkait dengan pelajaran meningkat dari
33,871% dan persentase peserta didik yang melakukan diskusi dengan teman
sebangku/sejawat meningkat dari 37,903% menjadi 65,323%.Aspek visual
diperoleh persentase peserta didik yang telah membaca materi yang telah
disediakan meningkat dari 39,516% menjadi 79,839%, persentase peserta didik
yang memperhatikan materi dengan sungguh-sungguh meningkat dari 29,032%
menjadi 79,032% dan peserta didik yang mampu mengingat materi yang diajarkan
meningkat dari 27,419% menjadi 55,645%. Aspek intelektual diperoleh
persentase peserta didik yang terampil mengerjakan soal secara individu dan
kelompok meningkat dari 33,871% pada siklus I menjadi 54,032%, persentase
peserta didik yang terampil mengerjakan soal di papan tulis meningkat dari 25%
menjadi 37,903% dan persentase peserta didik yang berani dan aktif dalam
mengemukakan pendapatnya meningkat dari 19,55% menjadi 34,677%. Khusus
untuk hasil observasi peneliti (guru) diperoleh bahwa penampilan guru/peneliti
iv
yang berkaitan dengan kemampuan membuka pelajaran sebesar 2,75 menjadi 3,5
yang berkaitan dengan sikap guru dalam proses pembelajaran sebesar 2,75 pada
siklus I dan siklus II sebesar 3,75, yang berkaitan dengan penguasaan bahan
belajar (materi pelajaran) pada siklus I sebesar 3 dan siklus II sebesar 4, yang
berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar (proses pembelajaran) pada siklus I
sebesar 3 dan siklus II sebesar 4, yang berkaitan dengan kemampuan dalam
menggunakan metode SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual) pembelajaran
pada siklus I sebesar 3 dan siklus II sebesar 4, yang berkaitan dengan evaluasi
pada siklus I sebesar 3 dan siklus II sebesar 4, dan yang berkaitan dengan
kemampuan menutup kegiatan pembelajaran pada siklus I sebesar 3 dan siklus II
sebesar 4.
Berdasarkan hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa hasil belajar
matematika peserta didik kelas VIII.i SMP Negeri 2 Palopo pada semester ganjil
tahun ajaran pelajar 2013/ 2014 mengalami peningkatan melalui penerapan
metode SAVI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2023 05:52
Last Modified: 13 Jun 2023 05:52
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6608

Actions (login required)

View Item View Item