PENGARUH EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI I BAJO

Nur'aini, Nur'aini (2013) PENGARUH EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI I BAJO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Nur' Aini.pdf] Text
Nur' Aini.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nama : NUR’AINI

NIM : 09.16.12.0129
Judul : Pengaruh Emosional Quotient (EQ) Terhadap Prestasi Belajar
Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri I Bajo
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Emotional
Quotient (EQ) siswa kelas VII SMP Negeri I Bajo?, (2) Seberapa besar prestasi
belajar siswa kelas VII SMP Negeri I Bajo?, (3) Apakah Emotional Quotient (EQ)
berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri I
Bajo? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
Emotional Quotient (EQ) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP
Negeri I Bajo.
Penelitian ini merupakan penelitian Ex-postfacto. Jumlah populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri I Bajo yang berjumlah 232 siswa,
dan terdiri dari 7 kelas. Jumlah sampel yang digunakan sebesar 42 orang, yang
diambil dengan teknik random sampling. Bentuk instrument yang digunakan berupa
angket dengan skala likert, dan prestasi belajar matematika yang diperoleh
berdasarkan hasil ulangan harian. Teknik analisis yang digunakan ada dua macam
yaitu teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa Emotional Quotient (EQ)
siswa kelas VII SMP Negeri I Bajo memperoleh nilai rata-rata 57,33, standar deviasi
8,787. Sedangkan skor nilai tertinggi 73 dan skor nilai terendah 40. Sedangkan untuk
prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri I Bajo memperoleh nilai
rata-rata 74,55, standar deviasi 7,061. Sedangkan skor nilai tertinggi 88 dan skor nilai
terendah 60. Hasil analisis inferensial diperoleh ������� > ��


2,316 > 2,021�
dengan � = 0,05, maka �� di tolak dan �� diterima. Hal ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan antara Emotional Quotient (EQ) terhadap prestasi
belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri I Bajo

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2023 05:57
Last Modified: 13 Jun 2023 05:57
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6609

Actions (login required)

View Item View Item