EFEKTIVITAS PENILAIAN BERBASIS KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PALOPO

Sulfiah, Reni (2014) EFEKTIVITAS PENILAIAN BERBASIS KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Reni Sulfiah.pdf] Text
Reni Sulfiah.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
RENI SULFIAH, 2014.“Efektivitas Penilaian Berbasis Kelas terhadap Hasil
Belajar Matematika Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1
Palopo” (dibimbing oleh Dr. Abdul Pirol M.Ag dan Nur Rahmah
S.Pd.I, M.Pd).
Kata kunci: Penilaian Berbasis Kelas, Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas
X Akuntansi 3 dan X Akuntansi 4
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk
mengetahui hasil belajar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Palopo yang
diberikan dan yang tidak diberikan Penilaian Berbasis Kelas.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X Akuntansi SMK
Negeri 1 Palopo yang terdiri atas 5 kelas kemudian dengan menggunakan teknik
Cluster Random Sampling maka dipilih dua kelas, yaitu kelas X Akuntansi 3
sebagai kelas eksperimen dan kelas X Akuntansi 4 sebagai kelas Kontrol. Sumber
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer diperoleh melalui
studi lapangan yaitu dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi
sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka. Adapun pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Analisis data
dilakukan dengan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial.
Hasil belajar matematika siswa yang tidak diberi perlakuan yaitu siswa
kelas X Akuntansi 4 (kelas kontrol) diperoleh nilai rata-rata = 77,69 , median = 77
dan modus = 75 serta didukung dengan varians = 82,96 dan standar deviasi = 9,1.
Dan untuk siswa yang diberi perlakuan yaitu siswa kelas X Akuntansi 3 (kelas
eksperimen) diperoleh nilai rata-rata = 80,93 , median = 81 dan modus = 70, 75
dan 85 serta didukung dengan varians = 70,49 dan standar deviasi = 8,39.
Dari penelitian yang dilakukan diperoleh, hasil belajar matematika siswa
yang diberi perlakuan berupa Penilaian Berbasis Kelas, yakni Kelas X Akuntansi
3 (Kelas Eksperimen) lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang tidak
diberi perlakuan, yakni Kelas X Akuntansi 4 (Kelas Kontrol).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:17
Last Modified: 13 Jun 2023 06:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6611

Actions (login required)

View Item View Item