PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI TEHNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 2 PALOPO

Risma JB, Risma JB (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI TEHNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Risma JB.pdf] Text
Risma JB.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Risma JB, 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Student Facilitator And
Explaining Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Tehnik
Komputer dan Jaringan SMK Negeri 2 Palopo.
Kata Kunci : Pengaruh, Metode Student Facilitator and Explaining, Minat
Belajar Matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan permasalahan pokok
adalah (1) bagaimanakah minat belajar matematika siswa kelas XI Jurusan Tehnik
Komputer dan Jaringan SMK Negeri 2 Palopo tanpa penerapan metode pembelajaran
student facilitator and explaining? (2) bagaimanakah minat belajar matematika siswa
kelas XI Jurusan Tehnik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 2 Palopo dengan
penerapan metode pembelajaran student facilitator and explaining?, dam (3) apakah
ada pengaruh penerapan metode pembelajaran student facilitator and explaining
terhadap minat belajar matematika siswa kelas XI Jurusan Tehnik Komputer dan
Jaringan SMK Negeri 2 Palopo?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe eksperimen.
Populasi dalam penelitian sekaligus sampel yaitu kelas XI TKJ, yang terdiri dari
kelas TKJ A 36 orang sebagai kelas eksperimen, dan TKJ B sebanyak 23 orang
sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa angket, wawancara, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistic
deskriptif.
Berdasarkan data statistik deskriptif diperoleh ada pengaruh penerapan
metode pembelajaran student facilitator and explaining terhadap minat belajar
matematika siswa kelas XI SMK Negeri 2 Palopo Jurusan TKJ. Adapun pengaruh
dari segi kuantitatif terlihat pada perbedaan nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah
perlakuan yaitu post angket kelas kontrol sebesar 57 dan post angket kelas
eksperimen 73,36. Sedangkan hasil belajarnya untuk kelas kontrol pre test berada
dalam kategori kurang dengan pencapaian nilai rata-rata sebesar 60,22 dan post test
juga berada dalam kategori kurang dengan pencapaian nilai rata-rata sebesar 62,17.
Sedangkan perolehan hasil belajar matematika untuk kelas eksperimen pre test berada
dalam kategori kurang dengan pencapaian nilai rata-rata sebesar 59,72 dan post test
berada dalam kategori cukup dengan pencapaian nilai rata-rata sebesar 77,08.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:30
Last Modified: 13 Jun 2023 06:30
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6612

Actions (login required)

View Item View Item