PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG BENTUK TES URAIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 PALOPO

Alpurkan, Alpurkan (2012) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG BENTUK TES URAIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Alpurkan.pdf] Text
Alpurkan.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
ALPURKAN, 2012. “Pengaruh Persepsi Siswa tentang Bentuk Tes Uraian
Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Negeri 3
Palopo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan
Tarbiyah. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo.
(dibimbing oleh Sukirman Nurdjan S.S., M.Pd dan Nursupiamin.,
S.Pd., M.Si).”
Kata Kunci : Persepsi Siswa, Prestasi Belajar Matematika
Skripsi ini membahas tentang (1) Bagaimana tingkat persepsi siswa kelas XI
SMK Negeri 3 Palopo tentang bentuk tes uraian dalam pelajaran matematika? (2)
Seberapa besar tingkat prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 3
Palopo? (3) Apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang bentuk tes uraian terhadap
prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 3 Palopo?.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif inferensial. Jumlah populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Negeri 3 Palopo yang berjumlah
125 siswa, dan terdiri dari 6 kelas. Adapun jumlah sampel berjumlah 30 orang siswa
dan pengambilan sampel pada masing-masing kelas yaitu dari kelas XI NKN
(Nautika Kapal Niaga) A 6 orang siswa, kelas XI NKN (Nautika Kapal Niaga) B 6
orang siswa, kelas XI TKN (Teknik Kapal Niaga) A 6 orang siswa, kelas XI TKN
(Teknik Kapal Niaga) B 5 orang siswa, XI NKPI (Nautika Kapal Penangkap Ikan) 3
orang siswa, dan XI TKPI (Teknik Kapal Penangkap Ikan) 4 orang siswa. Bentuk
instrumen yang digunakan berupa angket dengan skala Likert, dan prestasi belajar
matematika yang diperoleh berdasarkan soal tes uraian yang diberikan. Teknik
analisis yang digunakan ada dua macam yaitu teknik analisis statistik deskriptif dan
statistik Inferensial.
Hasil penelitian deksiptif menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang
bentuk tes uraian siswa SMK Negeri 3 Palopo memperoleh nilai rata-rata (mean)
61,7 dan standar deviasi 18,7. Sedangkan skor maksimum 93 dan skor minimum 25.
Dengan distribusi persentase 16,7% yang memperoleh nilai termasuk dalam kategori
kurang, 30% yang memperoleh nilai termasuk dalam kategori cukup, 36,6% yang
memperoleh nilai termasuk dalam kategori baik, dan 16,7% yang memperoleh nilai
termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan untuk prestasi belajar matematika
xix
siswa kelas XI SMK Negeri 3 Palopo memperoleh nilai rata-rata (mean) 64,8 dengan
standar deviasi 18,5 skor maksimum yang dicapai 97 dan skor minimum sebesar 20.
Dengan distribusi persentase 3,3 % yang memperoleh nilai termasuk kategori sangat
kurang, 6,7% yang memperoleh nilai termasuk kategori kurang, 40% yang
memperoleh nilai termasuk kategori cukup, 33,3% yang memperoleh nilai termasuk
kategori baik dan 16,7% yang memperoleh nilai termasuk kategori baik sekali. Hasil
analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi siswa tentang
bentuk tes uraian (X) terhadap prestasi belajar matematika siswa (Y). Pada tabel R
Square-nya adalah 0,661 yang berarti bahwa 66,1% naik turunnya prestasi belajar
matematika ditentukan oleh persepsi siswa tentang bentuk tes uraian, selebihnya
dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2023 23:51
Last Modified: 13 Jun 2023 23:51
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6620

Actions (login required)

View Item View Item