EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT ( TEAMS GAMES TOURNAMENT ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KOTA PALOPO

Atika, Atika (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT ( TEAMS GAMES TOURNAMENT ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Atika.pdf] Text
Atika.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Atika, 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games
Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP
Muhammadiyah Kota Palopo. Skripsi Program Studi Pendidikan
Matematika Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (I) Dr. Abdul Pirol, M.
Ag., Pembimbing (II) Drs. Nasaruddin, M. Si.
Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe
TGT (Teams Games Tournament).
Skripsi ini membahas tentang hasil belajar matematika sebelum menggunakan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dan sesudah
menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games
Tournament) siswa kelas VII SMP Muhammadiyah kota palopo untuk mendapatkan
informasi secara formal dan akurat tentang hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah
kota palopo sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe
TGT (Teams Games Tournament).
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah kota palopo tahun ajaran 2012/2013. Data yang diperoleh dianalisis
dengan statistika deskriptif dan statistika inferensial.Berdasarkan pemberian soal pre�test pada kelas eksperimen sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe
TGT (Teams Games Tournament), diperoleh nilai rata-rata = 67,08; standar deviasi
(S) = 10,29 dan varians (S2
) = 105,91. Sedangkan pada pemberian soal post-test pada
kelas eksperimen setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams
Games Tournament), diperoleh nilai rata-rata = 74,29; standar deviasi (S) = 8,20; dan
varians (S2
) = 67,346373. Artinya dari kedua nilai hasil belajar matematika siswa
tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa pada soal pre-test
dan post-tes kelompok eksperimen yang telah diujikan sebelum dan setelah adanya
perlakuan atau diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games
Tournament) memiliki perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 14 Jun 2023 00:00
Last Modified: 14 Jun 2023 00:00
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6622

Actions (login required)

View Item View Item