HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X (Jurusan Mesin) SMK NEGERI 2 PALOPO

Evidheyanti, EvidheyantiEvidheyanti (2013) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X (Jurusan Mesin) SMK NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Evidheyanti.pdf] Text
Evidheyanti.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
EVIDHEYANTI, 2013. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Hasil
Belajar Matematika Siswa Kelas X Jurusan Mesin SMK Negeri 2
Palopo ”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan
Tarbiyah. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo.
(dibimbing oleh Dra. Fatmarida Sabani,M.Ag. dan Alia Lestari M.Si).”
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Matematika
Skripsi ini membahas tentang (1) Seberapa besar tingkat kecerdasan
emosional (EQ) Siswa kelas X SMK Negeri 2 palopo? (2) Seberapa besar tingkat
hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 2 palopo ? (3) Apakah ada
korelasi positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika siswa
kelas X SMK 2 Palopo?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif inferensial. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas X (jurusan mesin) SMK Negeri 2 Palopo yang
berjumlah 126 siswa yang terbagi 4 kelas. Adapun jumlah sampel berjumlah 30
orang siswa dan pengambilan sampel pada masing-masing kelas yaitu dari kelas X
Jurusan Mesin A 8 orang siswa, kelas X Jurusan Mesin 7 orang siswa, kelas X
Jurusan Mesin C 8 orang siswa, kelas Jurusan Mesin D 7 orang siswa. Bentuk
instrumen yang digunakan berupa angket dengan skala Likert, dan observasi. Teknik
analisis yang digunakan ada dua macam yaitu teknik analisis statistik deskriptif dan
statistik Inferensial.
Penelitian ini menunjukkan bahwa ada korelasi posif antara kecerdasan
emosional dan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 2 palopo. Hasil
analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan
emosional (X) dan hasil belajar matematika siswa (Y). Pada tabel square-nya adalah
0,820 yang berarti bahwa 82% naik turunnya hasil belajar matematika ditentukan
oleh kecerdasan emosional, selebihnya ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak
diteliti oleh penulis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 14 Jun 2023 00:13
Last Modified: 14 Jun 2023 00:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6625

Actions (login required)

View Item View Item