PENGARUH ORGANISASI INTRA KAMPUS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA STAIN PALOPO

Mustakim, Fitriani (2013) PENGARUH ORGANISASI INTRA KAMPUS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA STAIN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Fitriani Mustakim.pdf] Text
Fitriani Mustakim.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Fitriani Mustakim 2013, “Pengaruh Organisasi Intra Kampus Terhadap Prestasi
Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika STAIN Palopo.” Program
Studi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah, STAIN Palopo.
Pembimbing I, Dr. Ahmad Syarief Iskandar. SE, MM.,dan
Pembimbing II, Andi Ika Prasasti Abrar, S.Si., M.Pd
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran organisasi intra
kampus mahasiswa pendidikan matematika STAIN Palopo (2) untuk mengetahui
prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika STAIN Palopo , (3) Untuk
mengetahui apakah ada pengaruh organisasi intra kampus terhadap prestasi belajar
mahasiswa pendidikan matematika STAIN Palopo .
Penelitian ini merupakan penelitian Ek- post facto. Dimana populasi dan
sampel penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika yang ikut dalam
organisasi intra periode 2012 STAIN Palopo yang berjumlah 50 orang mahasiswa.
Teknik yang digunakan dalam mengambil jumlah sampel adalah dengan
menggunakan teknik total sampling atau sampling jenuh. Bentuk instrumen yang
digunakan berupa angket dengan skala likert dan dokumentasi prestasi belajar yang
berupa nilai IP yang dikonversika ke Skala 100.
Hasil penelitian deskriftif menunjukkan bahwa organisasi intra kampus
mahasiswa pendidikan matematika STAIN Palopo memperoleh nilai rata-rata
(mean) 57,4800, standar deviasi 4,11190. Sedangkan skor maksimum 70 dan skor
minimum 50. Sedangkan untuk prestai belajar matematika mahasiswa pendidikan
matematika STAIN Palopo adalah memperoleh nilai rata-rata (mean) 75,2800,
standar deviasi 5,30321, skor maksimum 86, skor minimum 67. Distribusi persentase
prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika STAIN Palopo adalah 86%
memperoleh nilai baik dan 14% memperoleh nilai baik sekali. Hasil analisis
inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat baik antara variabel
X dan Y. Sumbangan yang diberikan oleh variabel X terhadap variabel Y sebesar
68,06%. Jadi, kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara
variabel x yaitu pengaturan waktu belajr matematika terhadap variabel Y yaitu hasil
belajar matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 14 Jun 2023 00:29
Last Modified: 14 Jun 2023 00:29
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6627

Actions (login required)

View Item View Item