PENGARUH PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PALOPO

Hasriani, Hasriani (2013) PENGARUH PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Hasriani.pdf] Text
Hasriani.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
HASRIANI. 2013. Pengaruh Perilaku Belajar terhadap Prestasi Belajar
Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palopo. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (I) Munir
Yusuf, S.Ag., M.Pd., Pembimbing (II) Alia Lestari, M.Si.
Kata Kunci : Pengaruh, Perilaku Belajar, Prestasi Belajar Matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
perilaku belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 4
Palopo.
Penelitian ini merupakan penelitian Ex-postfacto. Dimana populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Palopo tahun ajaran 2012/2013
yang terdiri dari delapan kelas, dimana jumlah populasi sebanyak 130 orang.
Sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 32 orang dari jumlah populasi.
Teknik yang digunakan dalam mengambil jumlah sampel adalah teknik random
sampling dengan cara undian. Bentuk instrumen yang digunakan berupa angket
dengan skala likert dan dokementasi yang berupa nilai rapor siswa. Teknik analisis
yang digunakan ada dua macam yaitu teknik statistik deskriptif dan statistik
inferensial.
Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa perilaku belajar matematika
siswa kelas X SMA Negeri 4 Palopo memperoleh nilai rata-rata 68,66, standar
deviasi 8,910, sedangkan skor maksimum 85 dan skor minimum 50. Dengan
distribusi persentase perilaku belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 4
Palopo adalah 12,6 % berada pada kategori rendah, 12,4 % berada pada kategori
sedang, 71,9 % berada pada kategori tinggi dan 3,1% berada pada kategori sangat
tinggi. Sedangkan untuk prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 4
Palopo tahun ajaran 2012/2013 memperoleh nilai rata-rata 74,91, standar deviasi
7,818, sedangkan skor maksimum 92 dan skor minimum 60. Dengan distribusi
persentase 9,4 % berada pada kategori sedang, 81,3 % berada pada kategori tinggi,
dan 9,3 % berada pada kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 14 Jun 2023 00:38
Last Modified: 14 Jun 2023 00:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6629

Actions (login required)

View Item View Item