PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX MTs. MODEL PALOPO

Karlina, Karlina (2012) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX MTs. MODEL PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Karlina.pdf] Text
Karlina.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Karlina, 2012. “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Bimbingan Belajar di luar
Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX MTs
Negeri Model Palopo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Matematika Jurusan Tarbiyah. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN) Palopo. (Dibimbing oleh; Munir Yusuf,S.Ag.,M.Pd. dan
Alia Lestari,M.Si.
Kata Kunci : Persepsi Bimbingan Belajar Luar Sekolah, Prestasi Belajar.
Skripsi ini membahas tentang (1). Bagaimana gambaran persepsi
bimbingan belajar di luar Sekolah siswa di MTs.Negeri Model Palopo?.
(2).Bagaimana Pengaruh Bimbingan Belajar di luar Sekolah terhadap Prestasi siswa
di Sekolah?. (3). Seberapa Besar Pengaruh Bimbingan Belajar di luar Sekolah
terhadap Prestasi Siswa di Sekolah?
Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto. Masalah yang diteliti dalam
penelitian ini adalah pengaruh antara bimbingan belajar di luar Sekolah dan prestasi
belajar matematika siswa kelas IX MTs.Negeri Model Palopo. Tujuan penelitian ini
adalah (1). Untuk mengetahui adakah pengaruh Bimbingan Belajar di luar Sekolah
terhadap Prestasi Siswa di MTs.Model Palopo.(2). Untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh persepsi Siswa Tentang Bimbingan Belajar di luar Sekolah Belajar terhadap
prestasi siswa di MTs.NegeriModel Palopo.
Hipotesis penelitian ini yaitu : Bimbingan belajar di luar sekolah
mempunyai pengaruh yang positif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa Kelas IX MTs.Negeri Model Palopo tahun
ajaran 2012/2013. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah systematic
random sampling.Untuk mengolah data hasil penelitian digunakan dua macam teknik
statistik yang diolah melalui komputerisasi dengan memanfaatkan program Statistical
Product and Service Solutions Versi ( SPSS ).
xiv
Dari pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
Bimbingan belajar diluar sekolah memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar
matematika siswa kelas IX MTs.Negeri Model Palopo. Berdasarkan nilai R square =
0,972, ternyata 97,2 % prestasi belajar matematika siswa dipengaruhi oleh
bimbingan belajar,sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:30
Last Modified: 14 Jun 2023 01:30
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6633

Actions (login required)

View Item View Item