PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII1 SMP NEGERI 2 BUA PONRANG

Marwis, Marwis (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII1 SMP NEGERI 2 BUA PONRANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Marwis.pdf] Text
Marwis.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
MARWIS. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui
Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas VII1 SMP
Negeri 2 Bua Ponrang. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Matematika Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
Palopo. Pembimbing I Drs.Nasaruddin, M.Si., Pembimbing II
Nursupiamin M.Si.
Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Pendekatan Pembelajaran Kontekstual
Skripsi ini membahas tentang pendekatan pembelajaran kontekstual dalam
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII1 SMP Negeri 2 Bua Ponrang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action
research) dengan objek penelitian adalah siswa kelas VII1 SMP Negeri 2 Bua
Ponrang pada semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 28
orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus
dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan
menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi, dan tanggapan siswa . Data hasil
belajar yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan data
hasil observasi dianalisis dengan analisis kualitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar siswa
setelah penerapan pembelajaran kontekstual menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa
pada siklus I sebesar 65,18 atau sebesar 32,14%. Sedangkan pada Siklus II diperoleh
skor rata-rata sebesar 79,18 atau sebesar 89,29%. Hal ini menunjukkan telah tercapai
hasil belajar siswa, dimana nilai KKM yang diterapkan di sekolah jika mencapai nilai
ketuntasan minimal 70 dan 70% yang mencapai nilai 70 tuntas secara klasikal.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya
pembelajaran kontekstual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bua Ponrang dalam
proses pembelajaran, maka hasil belajar matematika siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:08
Last Modified: 14 Jun 2023 02:08
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6635

Actions (login required)

View Item View Item