METODE PENEMUAN TERBIMBING DAN METODE EKSPOSITORI PADA POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI (STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII MTs. CIMPU)

Rustam, Megalia (2012) METODE PENEMUAN TERBIMBING DAN METODE EKSPOSITORI PADA POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI (STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII MTs. CIMPU). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Megalia Rustam.pdf] Text
Megalia Rustam.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Megalia Rustam,2012.Metode Penemuan Terbimbing dan Metode Ekspositori Pada
Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi (Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa di
Kelas VIII MTs. Cimpu ). Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Matematika
Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palopo. Drs. Abd.Muin Razmal, M.Pd.
dan Drs. Nasaruddin, M.Si.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan membandingkan
hasil belajar siswa yang menggunakan metode penemuan terbimbing dan yang
menggunakan metode ekspositori.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah
Cimpu, dengan metode tekhnik total sampling yaitu jumlah populasi sama dengan
jumlah sampel, dimana pembelajarannya menggunakan metode penemuan terbimbing
dan menggunakan metode ekspositori.
Data yang diperoleh dianalisis dengan statistika deskriptif dan statistika
inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar
matematika siswa yang menggunakan metode penemuan terbimbing dengan nilai
rata-rata 62,6 standar deviasi 8,19 . Sedangkan hasil belajar matematika pada
kelompok yang menggunakan metode ekspositori dengan nilai rata-rata 27,2 dan
standar deviasi 8,26. Hasil analisis statistika inferensial diperoleh nilai thit =148,21
dengan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh ttab = t(0,05; 68) = 1,67 berarti thit > ttab yang
menyebabkan H0 ditolak dan H1 diterima.
Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika
siswa yang menggunakan metode penemuan terbimbing dengan hasil belajar
matematika yang menggunakan metode ekspositori, ini berarti hasil belajar
matematika yang menggunakan metode penemuan terbimbing lebih baik daripada
pembelajaran yang dengan metode ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing pada pembelajaran
relasi dan fungsi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar
matematika, meningkatkan keaktifan, kemandirian dan rasa percaya diri serta
motivasi siswa dalam proses belajar mengajar berlangsung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:25
Last Modified: 14 Jun 2023 02:25
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6637

Actions (login required)

View Item View Item