EFEKTIVITAS MANAJEMEN KELAS TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 PALOPO

Amiruddin, Miryani (2013) EFEKTIVITAS MANAJEMEN KELAS TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Miryani Amiruddin.pdf] Text
Miryani Amiruddin.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nama : Miryani Amiruddin
NIM : 09. 16. 12. 0089
Judul : Efektifitas Manajemen Kelas Terhadap Hasil Pembelajaran
Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Palopo
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan membandingkan
hasil belajar siswa yang dalam pembelajarannya diterapkan manajemen kelas dengan
hasil belajar siswa yang dalam pembelajarannya tanpa diterapkan manajemen kelas.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Palopo,
dengan metode Cluster Random Sampling dipilih dua kelas. Satu kelas
pembelajarannya menerapkan manajemen kelas dan satu kelas pembelajarannya
tanpa menerapkan manajemen kelas.
Data yang diperoleh dianalisis dengan statistika deskriptif dan statistika
inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar
matematika siswa yang Pembelajarannya menerapkan manajemen kelas memiliki
nilai rata-rata 78,54, median 78, modus 100, dan didukung oleh simpangan baku
16,23. Sedangkan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya tanpa
manajemen kelas memiliki nilai rata-rata 63,88, median 65, modus 70, serta
simpangan baku 18,506. Hasil analisis statistika inferensial diperoleh nilai zhit = 3,44
dengan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh ztab = 1,64 berarti zhit > ztab yang
menyebabkan H0 ditolak dan H1 diterima.
Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang
pembelajarannya menerapkan manajemen kelas lebih baik daripada hasil belajar
matematika siswa yang pembelajarannya tanpa menerapkan manajemen kelas.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa manajemen kelas pada
pembelajaran merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan hasil
belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:34
Last Modified: 14 Jun 2023 02:34
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6638

Actions (login required)

View Item View Item