ANALISIS PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS X SMA ISLAM MARGOLEMBO

Hamdani, Muhammad (2014) ANALISIS PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS X SMA ISLAM MARGOLEMBO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Muhammad Hamdani.pdf] Text
Muhammad Hamdani.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Name : Muhammad Hamdani
NIM : 08.16.12.0062
Title : Analisis Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran
Kooperatif Pada Siswa Kelas X SMA Islam Margolembo
Skripsi ini membahas tentang analisis peningkatan hasil belajar matematika
melalui pembelajaran kooperatif pada siswa kelas X SMA Islam Margalembo.
Bagaimana gambaran peningkatan hasil belajar matematika melalui pembelajaran
kooperatif terhadap siswa kelas X SMA Islam Margolembo. Tujuan penelitian ini
adalah untuk memperoleh informasi tentang gambaran peningkatan hasil belajar
matematika melalui pembelajaran Kooperatif pada siswa kelas X SMA Islam
Margalembo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan objek penelitian
adalah semua siswa kelas X SMA Islam Margalembo tahun ajaran 2012-2013 yang
berjumlah 22 orang. Data diproleh menggunakan instrumen tes, observasi, dan
angket. Kemudian data tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan pola
tabulasi, frekuensi dan persentasi. Akan tetapi, terlebih dahulu instrument tes diuji
dengan menggunakan validitas isi, sedang instrument angket menggunakan korelasi
Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif rata-rata skor
siswa adalah 56,64 dari skor maksimum 100, dan hanya ada 2 siswa yang
dinyatakan tuntas. Dengan demikian, pada tahap ini diketahui rata-rata tingkat
penguasaan siswa hanya 56,64 % dan daya serap siswa 9,1 %. Adapun setelah
pembelajaran kooperatif rata-rata skor siswa adalah 79,86 dari skor maksimum 100,
dan semua siswa dinyatakan tuntas. Dengan demikian pada tahap ini diketahui
rata-rata tingkat penguasan siswa 79,86 % yang menunjukkan 100%. Hal ini
menunjukan adanya peningkatan sebesar 23,22 % sedangkan daya serap kelas
sebesat 90,9%.
Hasil penelitian ini diharapkan diijadikan pandangan bagi akademisi,
terutama dibidang matematika, agar senantiasa berusaha memproleh pembelajaran
koopertif. Hasil ini ditujukan agar penyampaian pembelajaran dapat berlangsung
efektif dan efesien sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:54
Last Modified: 14 Jun 2023 02:54
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6639

Actions (login required)

View Item View Item