EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SUKAMAJU

Muslika, Muslika (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SUKAMAJU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Muslika.pdf] Text
Muslika.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
MUSLIKA,. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Brainstorming Dalam
Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah.
Pembimbing (I) Drs. Hasri, M.A. Pembimbing (II) Drs. Nasaruddin,
M.Si.
Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Brainstorming
Skripsi ini membahas tentang hasil belajar matematika sebelum
menggunakan Model Pembelajaran Brainstorming dan setelah menggunakan Model
Pembelajaran Brainstorming siswa kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju. Untuk
mendapatkan informasi secara formal dan akurat tentang hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimen, yang di dalamnya
diberi perlakuan khusus yaitu pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran Brainstorming. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh
gambaran tentang hasil belajar matematika Siswa kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju.
Untuk memperoleh gambaran tentang seberapa besar hasil belajar siswa sebelum
menggunakan Model Pembelajaran Brainstorming. Untuk mengetahui seberapa besar
hasil belajar siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Brainstorming.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 2
Sukamaju tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 4 kelas dan berjumlah sebanyak
165 orang. Sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 35 orang dari jumlah
populasi. Data yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian dianalisis secara statistik
yaitu (1) statistik deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika dengan
menggunakan Model Pembelajaran Brainstorming, (2) statistik inferensial untuk
menguji nurmalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar
matematika siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Brainstorming berada
pada kategori baik dengan nilai rata-rata 61,48, median 65, modus 40 dan di dukung
oleh standar deviasi 14,48 dan hasil belajar matematika siswa sebelum menggunakan
Model Pembelajaran Brainstorming berada dalam kategori cukup dengan nilai rata�rata 55,37 median 57, modus 40 dan dikukung oleh standar deviasi 13,87. Sedangkan
hasil statistik inferensial diperoleh thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat perbedaan signifikan antara hasil pembelajaran matematika siswa sebelum
Model Pembelajaran Brainstorming dan pembelajaran matematika siswa setelah
Model Pembelajaran Brainstorming.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:05
Last Modified: 14 Jun 2023 03:05
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6641

Actions (login required)

View Item View Item