PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI MOVING CLASS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO

Nivon, Nivon (2012) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI MOVING CLASS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Nivon.pdf] Text
Nivon.pdf

Download (983kB)

Abstract

ABSTRAK
NIVON, 2012. “Pengaruh Persepsi Siswa mengenai Moving Class Terhadap
Prestasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah.
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. (dibimbing oleh
Drs.Nasaruddin, M.Si dan Alia Lestari., S.Si., M.Si).”
Kata Kunci : Persepsi Siswa, Moving Class, Prestasi Belajar Matematika
Skripsi ini membahas tentang (1) Bagaimana tingkat persepsi siswa
mengenai pelaksanaan moving class? (2) Seberapa besar prestasi belajar matematika
siswa dengan sistem moving class di SMP Negeri 8 Palopo? (3) Apakah persepsi
siswa mengenai pelaksanaan moving class berpengaruh positif terhadap prestasi
belajar matematika di SMP Negeri 8 Palopo?.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif inferensial. Jumlah populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo yang berjumlah
296 siswa, terdiri dari 9 kelas. Sampel berjumlah 30 orang siswa dan pengambilan
sampel pada masing-masing kelas yaitu dari kelas VIII.1 sebanyak 3 orang, kelas
VIII.2 sebanyak 4 orang, kelas VIII.3 sebanyak 4 orang, kelas VIII.4 sebanyak 3
orang, kelas VIII.5 sebanyak 3 orang, kelas VIII.6 sebanyak 3 orang, kelas VIII.7
sebanyak 4 orang, kelas VIII.8 sebanyak 3 orang dan kelas VIII.9 sebanyak 3 orang.
Bentuk instrumen yang digunakan berupa angket dengan skala Likert, dan prestasi
belajar matematika yang diperoleh berdasarkan soal tes yang diberikan. Teknik
analisis yang digunakan ada dua macam yaitu teknik analisis statistik deskriptif dan
statistik Inferensial.
Hasil persepsi siswa mengenai moving class siswa kelas VIII SMP Negeri 8
Palopo memperoleh nilai rata-rata (mean) 70,3 dan standar deviasi 19,4. Sedangkan
skor maksimum 97 dan skor minimum 30. Dengan distribusi persentase 10,% yang
memperoleh nilai termasuk dalam kategori kurang, 20% yang memperoleh nilai
termasuk dalam kategori cukup, 40% yang memperoleh nilai termasuk dalam
kategori baik, dan 30% yang memperoleh nilai termasuk dalam kategori sangat baik.
Sedangkan untuk prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo
memperoleh nilai rata-rata (mean) 71,1 dengan standar deviasi 19,2 skor maksimum
yang dicapai 95 dan skor minimum sebesar 35. Dengan distribusi persentase 0 %
yang memperoleh nilai termasuk kategori sangat kurang, 16,6% yang memperoleh
nilai termasuk kategori kurang, 10 % yang memperoleh nilai termasuk kategori
cukup, 36,7% yang memperoleh nilai termasuk kategori baik dan 36,7% yang
memperoleh nilai termasuk kategori baik sekali. Hasil analisis inferensial
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi siswa tentang bentuk tes uraian (X)
terhadap prestasi belajar matematika siswa (Y). Pada tabel R Square-nya adalah
0,691 yang berarti bahwa 69,1% naik turunnya prestasi belajar matematika
xv
ditentukan oleh persepsi siswa tentang bentuk tes uraian, selebihnya dipengaruhi oleh
faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:30
Last Modified: 14 Jun 2023 03:30
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6642

Actions (login required)

View Item View Item