HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI I LAMASI

Astuti, Puji (2012) HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI I LAMASI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Puji Astuti.pdf] Text
Puji Astuti.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
PUJI ASTUTI. 2012 . Hubungan antara Penerapan Belajar Tuntas (mastery
learning) dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri
I Lamasi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan
Tarbiyah. Pembimbing (I) Sukirman Nurdjan,S.S.,M.Pd., Pembimbing
(II) Nursupiamin, S.Pd.,M.Si
Kata Kunci : Penerapan Belajar Tuntas (mastery learning), Motivasi belajar
Matematika.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif korelasional, jenis penelitian ini
yaitu expost-facto yang bersifat korelasi yang akan menyelidiki hubungan antara
penerapan belajar tuntas (mastery learning) dan motivasi belajar matematika siswa
kelas VII SMP Negeri I Lamasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan
gambaran tentang penerapan belajar tuntas (mastery learning) dan motivasi belajar
matematika siswa kelas VII SMP Negeri I Lamasi, serta untuk mengetahui ada atau
tidaknya hubungan yang signifikan antara penerapan belajar tuntas (mastery
learning) dan motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri I Lamasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri I
Lamasi tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 360 siswa yang tersebar pada 9 (sembilan)
kelas yang pararel. Sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 90 siswa
dari jumlah populasi. Data yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian dianalisis
secara statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif
untuk mendeskripsikan penerapan belajar tuntas (mastery learning) dan motivasi
belajar matematika siswa, sedangkan statistik inferensial untuk menguji hipotesis.
Skor rata-rata penerapan belajar tuntas (mastery learning) siswa sebesar 70,2111
dengan standar deviasi 11,57243. Sedangkan skor motivasi belajar matematika
siswa sebesar 70,5556 dengan standar deviasi 11,74362 dan nilai koefesien korelasi
antara penerapan belajar tuntas (mastery learning) dan motivasi belajar matematika
siswa sebesar 0,837.
Hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan informasi bagi guru dan siswa
dalam usaha memperbaiki variabel yang turut mempengaruhi motivasi belajar siswa
khususnya bidang studi matematika. Hasil penelitian ini juga diharapkan mampu
memberikan sumbangan pikiran terhadap penerpan belajar tuntas (mastery learning)
dan motivasi kepada siswa agar senantiasa memperhatikan kefokusannya dalam
belajar matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 14 Jun 2023 06:03
Last Modified: 14 Jun 2023 06:03
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6647

Actions (login required)

View Item View Item