PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII1 SMP NEGERI 8 PALOPO

Rianti, Rianti (2013) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII1 SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Rianti.pdf] Text
Rianti.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
RIANTI. 2013. “Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII1 SMP Negeri
8 Palopo”. Skripsi. Program studi matematika jurusan Tarbiyah, sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing I Drs. Hasri, M.A.
Pembimbing II Drs.Nasaruddin, M.si.
Kata kunci : Penerapan Metode Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar Siswa.
Skripsi ini membahas tentang metode yang mudah dipahami oleh siswa.
Dengan penerapan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar
matematika siswa khususnya pada materi aljabar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2
siklus, yaitu pada siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan 1 kali tes setiap akhir
siklus, pada siklus II terdiri dari 3 kali pertemuan dan 1 kali tes setiap akhir siklus.
Subyek dari penelitian ini adalah siswa VII1 SMP Negeri 8 Palopo, yang berjumlah
32 orang yaitu 19 orang perempuan dan 13 laki-laki. Data penelitian ini diperoleh
dari hasil tes dan observasi. Data dari hasil tes dianalisis secara kuantitatif yaitu pada
nilai awal diperoleh nilai rata-rata 56,5625 berada pada kategori cukup. Skor rata�rata siswa pada siklus I diperoleh 65,9375 berada pada kategori baik, dan secara
klasikal mencapai 42,7% namun belum memenuhi. Pada siklus II skor rata-rata
diperoleh 77,1875 berada pada kategori baik, dan ketuntasan secara klasikal
mencapai 61,46% dan sudah memenuhi. Data dari data observasi dianalisis secara
kualitatif yaitu kehadiran siswa pada siklus I yaitu 93,75% meningkat pada siklus II
menjadi 96,875%. Jumlah siswa yang mengajukan pertanyaan pada siklus I yaitu
8,3% meningkat pada siklus II menjadi 22,91%. Siswa yang menjawab pertanyaan
lisan guru pada siklus I yaitu 12,5% meningkat pada siklus II menjadi 17,7%. Siswa
yang masih memerlukan bimbingan dalam menyelesaikan soal pada siklus I yaitu
36,46% menurun pada siklus II menjadi 23,96%. Sedang siswa yang dapat
menyelesaikan soal latihan dengan benar pada siklus I yaitu 42,7% meningkat pada
siklus II menjadi 61,46%.
Dari hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dengan diterapkannya
metode penemuan terbimbing pada siswa kelas VII1 SMP Negeri 8 Palopo, berjalan
lancar sebagaimana yang diharapkan. Penerapan metode penemuan terbimbing
dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 14 Jun 2023 06:29
Last Modified: 14 Jun 2023 06:29
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6648

Actions (login required)

View Item View Item