PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG KEBERADAAN BANK SYARIAH INDONESIA CABANG BELOPA (Studi Kasus Kelurahan Senga Kota Belopa)

OKVIANA, OKVIANA (2022) PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG KEBERADAAN BANK SYARIAH INDONESIA CABANG BELOPA (Studi Kasus Kelurahan Senga Kota Belopa). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of OKVIANA.pdf] Text
OKVIANA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Okviana, 2022,“Persepsi masyarakat tentang keberadaan bank syariah
indonesia cabang belopa (studi kasus kelurahan senga kota belopa)”.
Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh Burhan
Rifuddin, S.E., M.M
Skripsi ini membahas tentang Persepsi Masyarakat Tentang Keberadaan Bank
Syariah Indonesia cabang belopa (Studi Kasus Kelurahan Senga Kota Belopa).
Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang bank
syariah dan faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat yang tidak menabung
di bank sayariah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian
kualitatif deskriftif. Informan dalam penelitian ini yakni Masyarakat keluran
senga kota belopa. Data dan sumber data yang diperoleh adalah data primer dan
data sekunder. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan teknik reduksi data,
penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
masyarakat di kelurahan senga hanya sekedar mengetahui tentang bank syariah
dan produk bank syariah. Namun masyarakat belum memahami tentang bank
syariah dan produk bank syariah. Alasan masyarakat tidak ingin atau belum
bertransaksi dibank syariah adalah karena kurangnya pendekatan dan sosialisasi
mengenai bank syariah kepada masyarakat kelurahan senga dan memberitahu
produk-produk pada bank syariah. Juga masyarakat yang kurang peduli bahwa
tidak adanya keterkaitan terhadap bank syariah ketika lebih dulu memperkenalkan
produknya ke masyarakat. Serta bank konvensional lebih mudah dijumpai dalam
msyarakat. Akibat dari hal tersebut ialah masyarakat memiliki persepsi yang
kurang baik mengenai bank syariah termasuk produk yang ada pada bank syariah.
xxii
Terdapat dua faktor yang dapat mempengaruhi persepsi yaitu faktor internal dan
faktor eksternal.
Kata Kunci: Bank Syariah, Persepsi, Masyarakat Kelurahan Senga

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:09
Last Modified: 15 Jun 2023 03:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6650

Actions (login required)

View Item View Item