HUBUNGAN ANTARA CARA BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PALOPO

Yanti, Resmi (2013) HUBUNGAN ANTARA CARA BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Rismayanti.pdf] Text
Rismayanti.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
RESMI YANTI. 2013. Hubungan antara Cara Belajar dan Prestasi Belajar
Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Palopo. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (1) Drs.
Nasaruddin M.Si, Pembimbing (II) Andi Ika Prasasti Abrar, S.Si., M.Pd.
Kata Kunci : Hubungan, Cara Belajar, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini termasuk penelitian ex-post fakto yang bersifat korelasional
yang akan menyelidiki hubungan antara cara belajar dan prestasi belajar matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara belajar matematika siswa kelas
XI SMA Negeri 4 Palopo. Untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa kelas
XI SMA Negeri 4 Palopo. Untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang
signifikan antara cara belajar matematika dan prestasi belajar matematika siswa kelas
XI SMA Negeri 4 Palopo. Manfaat hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara
belajar mempunyai hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar matematika
siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palopo, maka dalam usaha meningkatkan mutu
pendidikan perlu diupayakan bagaimana siswa dapat memperbaiki cara belajar
matematikanya.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 4
Palopo tahun ajaran 2012/2013. Sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak
28 orang. Data yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian, dianalisis secara statistik
yaitu (1) statistik deskriptif untuk mendeskripsikan cara belajar dan prestasi belajar
matematika siswa, (2) statistik inferensial untuk menguji normalitas dan menguji
hipotesis yaitu analisi korelasi.
Hasil analisis cara belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palopo yang paling
dominan adalah indikator 5 yaitu cara siswa mengikuti ujian yang jumlah itemnya
paling banyak dan persentase yang dicapai juga yang paling tinggi, jadi dapat
disimpulkan bahwa cara belajar yang paling banyak dilakukan dan diperhatikan siswa
adalah cara siswa dalam mengikuti ujian.
Prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palopo tergolong
baik sekali dengan persentase sebesar 57,14% dan skor rata-rata sebesar 83,0714
dengan standar deviasi 5,26996. Nilai korelasi antara cara belajar dan prestasi belajar
matematika siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palopo yang menjadi sampel dalam
penelitian ini tergolong sedang atau cukup yaitu sebesar 0,625. Sehinnga terdapat
hubungan yang signifikan antara cara belajar dan prestasi belajar matematika siswa
kelas XI SMA Negeri 4 Palopo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:05
Last Modified: 15 Jun 2023 06:05
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6654

Actions (login required)

View Item View Item