STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SEBELUM DAN SETELAH DITERAPKAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 05 PALOPO

Risna, Risna (2013) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SEBELUM DAN SETELAH DITERAPKAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 05 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Risna.pdf] Text
Risna.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
RISNA, 2013. “Studi Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Sebelum dan
Setelah Diterapkan Layananan Bimbingan Belajar Matematika Pada
Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Palopo ”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah. Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri (STAIN) Palopo. (dibimbing oleh Dr. H. Bulu, M.Ag. dan
Nursupiamin., S.Pd., M.Si).”
Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Layanan Bimbingan Belajar
Skripsi ini membahas tentang apakah Ada perbedaan yang signifikan antara
hasil belajar matematika siswa sebelum dan setelah diterapkan layanan bimbingan
belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Palopo?
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Objek dalam penelitian ini
kelas VIIIc berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen. Bentuk instrumen yang
digunakan berupa lembar observasi dan tes berbentuk essay. Teknik analisis data
yang digunakan ada dua macam Analisis uji coba instrumen, Analisis data pre-test
dan post-test.
Adapun hasil dari Pre-test Prestasi belajar Matematika Siswa Kelas VIIIc
SMP Negeri 5 Palopo sebelum diterapkan layanan bimbingan belajar termasuk dalam
kategori yang cukup baik, dengan nilai rata-rata 58,1429; standar deviasi 14,95905;
variansi 223,7731; skor tertinggi 85; dan skor terendah 30 dari skor ideal 100, dan
nilai Post-test prestasi belajar matematika siswa kelas VIIIc SMP Negeri 5 Palopo
setelah diterapkan layanan bimbingan belajar termasuk dalam kategori yang baik,
dengan nilai rata-rata 72,8857; standar deviasi 10,72318; variansi 114,98655; skor
tertinggi 93 dan skor terendah 50 dari skor ideal 100. Terdapat perbedaan yang
signifikan antara nilai prestasi belajar matematika siswa sebelum dan setelah
diterapkan layanan bimbingan belajar pada siswa kelas VIIIc SMP Negeri 5 Palopo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:09
Last Modified: 15 Jun 2023 06:09
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6655

Actions (login required)

View Item View Item