STRATEGI KAMPANYE POLITIK PASANGAN CALON NOMOR URUT 1 PADA PILKADA SERENTAK TAHUN 2020 DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PEMULA DI KECAMATAN MALILI

AVIKA, GST.AYU (2022) STRATEGI KAMPANYE POLITIK PASANGAN CALON NOMOR URUT 1 PADA PILKADA SERENTAK TAHUN 2020 DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PEMULA DI KECAMATAN MALILI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of GST. AYU AVIKA.PDF] Text
GST. AYU AVIKA.PDF

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Gst. Ayu Avika, 2022.”Strategi Kampanye Politik Pasangan Calon Nomor Urut 1
Pada Pilkada Serentak Tahun 2020 Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih
Pemula Di Kecamatan Malili”. Skripsi Program Studi Fakultas Syariah Prodi
Hukum Tata Negara. Dibimbing oleh Abdain dan Ulfa.
Skripsi ini membahas tentang strategi kampanye politik yang digunakan dari
pasangan calon nomor urut 1 dalam meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada
Pilkada serentak tahun 2020 di Kecamatan Malili. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk
menganalisis strategi kampanye politik yang digunakan pasangan calon nomor urut 1
dalam menggaet partisipasi pemilih pemula pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati
serentak tahun 2020 di Kecamatan Malili (2) Untuk mengetahui apa saja yang
menjadi faktor pendukung dan penghambat komunikasi politik terhadap partisipasi
pemilih pemula (3) Untuk mengetahui solusi apa yang ditawarkan agar dapat
meningkatkan partisipasi pemilih pemula
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan
jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sehingga mendapatkan informasi,
data dan dokumen dari sumber-sumber yang valid sesuai dengan masalah yang
diteliti, agar dapat menyimpulkan dan menjawab masalah dalam penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kampanye politik yang
diterapkan pasangan calon nomor urut 1 pada Pilkada serentak tahun 2020 memiliki
berbagai macam metode dalam memassifkan kampanye politik kepada pemilih
pemula yang tentunya dalam proses penyampaian kampanye politik tersebut disertai
dengan faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam penyampaiannya
kepada pemilih pemula, selain itu ditambah dengan kondisi pandemi Covid-19 pada
saat itu tentunya juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi pada berjalannya
kampanye politik terhadap pemilih pemula. Namun, dengan adanya faktor pendukung
dan penghambat tersebut tidak mempengaruhi proses tersampaikannya kampanye
politik yang dibuktikan dengan penawaran solusi yang akan menunjang tetap
masifnya informasi kepada pemilih pemula salah satunya adalah dengan membuat
program kemah ceria yang sesuai dengan pemilih pemula, dan tentunya hal ini
ditanggapi dengan baik oleh pemilih pemula.
Implikasi dari penelitian dengan adanya penelitian ini memberikan pemahaman
baru bahwa dalam strategi kampanye politik tidak selalu berbicara persoalan uang
dalam meningkatkan partisipasi pemilih tetapi ada pula upaya yang dilakukan seperti
membangun kedekatan emosional sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan
xxv
partisipasi pemilih pemula dan menjadi faktor pendukung dalam memassifkan
kampanye politik.
Kata Kunci : Strategi, Kampanye Politik, Pilkada, Partisipasi, Pemilih Pemula.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 342 Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah > Program Studi S-1 Hukum Tata Negara
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:25
Last Modified: 15 Jun 2023 06:25
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6660

Actions (login required)

View Item View Item