PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA DENGAN DIMENSI SUMBER DAYA LOKAL KELAS V DI SDN 61 TONDOK ALLA JAYA KECAMATAN TELLUWANUA KOTA PALOPO

FITRIA, IRDAYANTI (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA DENGAN DIMENSI SUMBER DAYA LOKAL KELAS V DI SDN 61 TONDOK ALLA JAYA KECAMATAN TELLUWANUA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of IRDAYANTI FITRIA.pdf] Text
IRDAYANTI FITRIA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Irdayanti Fitria, 2022.”Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model POE
(Predict Observe Explain) Materi Perubahan Sifat Benda Dengan
Pendekatan Kearifan Lokal pada Kelas V Di SDN 61 Tondok Alla Jaya
kecamatan Telluwanua kota Palopo”.Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing (I) Dr. Hj. St. Marwiyah, M.Ag,
dan pembimbing (II) Rosdiana, S.T,.M.Kom.
Penelitian ini mengenai pengembangan perangkat pembelajaran model Poe
(predict observe explain) materi perubahan sifat benda dengan pendekatan
kearifan lokal pada kelas V di sdn 61 tondok alla jaya kecamatan telluwanua kota
palopo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) rancangan perangkat
pembelajaran model POE (Predict Observe Explain) materi perubahan sifat benda
dengan pendekatan kearifan lokal pada kelas V di SDN 61 Tondok Alla Jaya (2)
validitas perangkat pembelajaran model POE (Predict Observe Explain) materi
perubahan sifat benda dengan pendekatan kearifan lokal pada kelas V di SDN 61
Tondok Alla Jaya yang berjumlah 24 siswa.
Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 61 Tondok Alla Jaya Kecamatan
Telluwanua Kota Palopo dengan menggunakan beberapa instrumenseperti :
Observasi, wawancara guru, dokumentasi, tes,dan validasi. Jenis penelitian ini
adalah penelitian R&D yang berupa perangkat pembelajaran model poe. (1)
Gambaran prosedur pengembangan perangkat pembelajaran model poe dengan
pendekatan kearifan lokal ini mengacu pada model hannafin dan peck yaitu tahap
analisis kebutuhan, tahap desain, dan tahap pengembangan. (2) Hasil kevalidan
perangkat pembelajaran model poe dengan pendekatan kearifan lokal ini dengan
menggunakan rumus likert. Kevalidan ahli desain 77% termasuk kategori valid,
ahli materi 96% kategori sangat valid dan ahli bahasa 91% termasuk kategori
sangat valid.
Kata kunci : Perangkat Pembelajaran, Model Predict Observe Explain,
Peruabahan Sifat Benda, Dimensi Sumber Daya Lokal.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:31
Last Modified: 15 Jun 2023 06:31
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6661

Actions (login required)

View Item View Item