PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HITUNG CAMPURAN MELALUI PENDEKATAN DISKUSI KELOMPOK KECIL PADA KELAS IIIa SDN 92 KARETAN KEC. WALENRANG KAB. LUWU

Indriati, Yuli (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HITUNG CAMPURAN MELALUI PENDEKATAN DISKUSI KELOMPOK KECIL PADA KELAS IIIa SDN 92 KARETAN KEC. WALENRANG KAB. LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Yuli Indriati.pdf] Text
Yuli Indriati.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
YULI INDRIATI, 2013. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam
Menyelesaikan Soal Hitung Campuran Melalui Pendekatan Diskusi
Kelompok Kecil Pada Kelas IIIa SDN 92 Karetan Kec. Walenrang Kab.
Luwu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan
Tarbiyah. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo.
Pembimbing (I) Drs. Syamsu Sanusi, M.Pd.I Pembimbing (II)
Nursupiamin, S.Pd., M.Si.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Diskusi Kelompok Kecil
Skripsi ini membahas tentang pendekatan diskusi kelompok kecil dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam menyelesaikan soal hitung campuran
pada kelas IIIa SDN 92 Karetan.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas IIIa SDN 92 Karetan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013
dengan jumlah siswa 33 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus,
masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Pengambilan data
dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi, dan tanggapan
siswa. Data hasil belajar yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis
kuantitatif, dan data hasil observasi dianalisis dengan analisis kualitatif. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik
melalui pendekatan diskusi kelompok kecil.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa dalam
mengerjakan soal hitung campuran dapat ditingkatkan dengan melalui diskusi
kelompok-kelompok kecil. Dimana hasil belajar matematika siswa kelas IIIa SDN 92
Karetan melalui pendekatan diskusi kelompok kecil mengalami peningkatan dari
siklus I sebesar 54,54% ke siklus II menjadi 81,81%. Sedangkan aktifitas siswa lebih
baik dan tidak banyak main-main melainkan lebih banyak berdiskusi dengan teman
kelompoknya tentang pembelajaran.
Diskusi kelompok-kelompok kecil layak diteruskan sebagai alternatif
pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan
matematika. Diskusi kelompok-kelompok layak disosialisasikan kepada guru
pelajaran matematika dan diterapakan pada pembalajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 Jun 2023 07:21
Last Modified: 15 Jun 2023 07:21
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6677

Actions (login required)

View Item View Item