STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 LUWU UTARA

LESTARI, RINA (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of RINA LESTARI.pdf] Text
RINA LESTARI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Rina Lestari, 2023. “Strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam
mengatasi kenakalan siswa.” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh: Dr. H. Bulu, M.Ag., Arifuddin, S.Pd.I., M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang strategi guru pendidikan agama Islam dalam
mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 3 Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan
untuk: 1) Mengetahui bentuk-bentuk kenakalan siswa di SMA Negeri 3 Luwu
Utara, 2) Mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi
kenakalan siswa di SMA Negeri 3 Luwu Utara, 3) Mengetahui Hambatan guru
pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 3
Luwu Utara.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data
diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data yang
diperoleh peneliti selanjutnya akan dianalisis melalui beberapa tahap, yaitu:
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk kenakalan
siswa di SMA Negeri 3 Luwu Utara masih tergolong ringan, yaitu terlambat
datang ke sekolah, keluar kelas, bolos dengan meninggalkan sekolah, berkelahi,
penggunaan alat elektronik yang melanggar aturan, dan melawan guru, 2) Strategi
guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 3
Luwu Utara menggunakan strategi preventif dan kuratif. Adapun secara preventif
dan kuratif yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam yaitu dengan
mengaktifkan kegiatan-kegiatan keagamaan di sekolah, seperti sholat dzuhur
berjamaah, mengaji sebelum memulai pembelajaran, rohani Islam (ROHIS),
pendidikan Al-Qur‟an untuk orang dewasa (DIROSA), serta kegiatan hari besar
Islam, kemudian memotivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pengembangan diri
serta menjalin kerjasama antar sekolah dan pihak-pihak tertentu, memberikan
bimbingan atau pengarahan, memberikan hukuman seperti memimpin teman�teman mengaji sebelum memulai pembelajaran, menghafal surah-surah pendek,
serta menghafal asmaul husna, kemudian menghubungi orang tua perihal
kenakalan yang dilakukan oleh anaknya, 3) Hambatan guru pendidikan agama
Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 3 Luwu Utara yaitu
banyaknya jumlah siswa, kurang terwujudnya kultrul sekolah seperti kurang kerja
sama antara kepala sekolah, guru dan siswa, serta penggunaan sosial media yang
tidak terkontrol.
Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Kenakalan Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 19 Jun 2023 00:46
Last Modified: 19 Jun 2023 00:46
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6703

Actions (login required)

View Item View Item