PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASIBELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM K E L A S X I I D I S M A N E G E R I 2 L U W U KECAMATANWALENRANG KABUPATEN LUWU

ELFIRA. H, ANDI (2023) PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASIBELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM K E L A S X I I D I S M A N E G E R I 2 L U W U KECAMATANWALENRANG KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ANDI ELFIRA. H.pdf] Text
ANDI ELFIRA. H.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Andi Elfira. H, 2022. “Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XII di SMA Negeri
2 Luwu Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu” Skripsi program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Prof. Dr. Abdul Pirol,
M.Ag. dan Asgar Marzuki, M.Pd.I.
Skripsi ini membahas tentang pemberian reward terhadap motivasi
belajar Siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam Kelas XII di SMA
Negeri 2 Luwu Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan
untuk: mengetahui prinsip pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa
kelas XII pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Luwu
Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu; sehinnga dapat mengetahui pelaksanaan
pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Luwu Kecamatan Walenrang
Kabupaten Luwu; dan mengetahui faktor penunjang dan penghambat pemberian
reward untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Luwu
Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan
pendekatan psikologis, pedagogis, dan sosiologis. Data diperoleh melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh
peneliti selanjutnya akan dianalisis melalui beberapa tahap, yaitu: reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Prinsip pemberian reward di SMA
Negeri 2 Luwu sudah diterapkan oleh guru pada proses pembelajaran,
memberikan nuansa di dalam kelas dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, 2)
pelakasanaan pemberian reward pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di
SMA Negeri 2 Luwu dalam penerapannya di dalam kelas sangat efektif, dimana
dengan menggunakan pemberian reward ini benar-benar menunjukkan
keberhasilan sehingga siswa tidak merasakan kejenuhan. 3) faktor penunjang dan
penghambat dalam penerapan pemberian reward adalah terdapat dua faktor yaitu
internal dan eksternal. Dimana faktor interal ini berasal dari diri siswa itu sendiri,
kemudian faktor eksternalnya yaitu faktor lingkungan yang kurang baik terhadap
perkembangan diri siswa serta kurangnya komunikasi antara guru dan orang tua.
Kata Kunci: Reward, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Isla

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 19 Jun 2023 00:59
Last Modified: 19 Jun 2023 00:59
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6705

Actions (login required)

View Item View Item