PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MEREK SAMSUNG (Studi pada Konsumen Di Kota Palopo)

Monalisa, Monalisa (2018) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MEREK SAMSUNG (Studi pada Konsumen Di Kota Palopo). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Monalisa.pdf] Text
Monalisa.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nama Penyusun : Monalisa
Nim : 14.16.4.0075
Jurusan : Ekonomi Syariah
Judul Skripsi : Pengaruh Kualitas Produk dan Merek Terhadap
Keputusan Pembelian Handphone Merek Samsung(Studi
pada konsumen Di Kota Palopo)
Kata kunci: Kualitas Produk, Merek Dan Keputusan Pembelian
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi dengan banyaknya persaingan
yang terjadi antar perusahaan-perusahaan smartphone yang menuntut perusahaan
untuk bersaing dalam hal mendiferensiasikan produknya supaya mempunyai
karakteristik yang unik yang berbeda dan unggul dari produk perusahaan pesaing.
Sehingga dapat menciptakan dan mempertahankan konsumen yang loyal. Penelitian
ini membahas tentang masalah pengaruh kualitas produk dan merek terhadap
keputusan pembelian handphone merek samsung.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu:
metode pengumpulan data dengan menggunakan metode angket (kuesioner). Alat
ukur yang digunakan yaitu uji validitas dan realibilitas, dalam penelitian ini
digunakan teknik analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS, uji hipotesis
dengan menggunakan uji F dan uji T dan uji koefisien determinasi. Penelitian ini
dilakukan pada 164 orang konsumen Di Kota Palopo.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji F membuktikan
bahwa semua variabel bebas yaitu variabe kualitas produk (X1) dan merek (X2) secara
bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat yaitu
variabel keputusan pembelian (Y). Dimana diketahui nilai Fhitung> Ftabel atau 98,765 >
3,05. Berdasarkan analisis secara parsial (uji t) hasil penelitian membuktikan bahwa
semua variabel independen yaitu variabel kualitas produk (X1) dan merek (X2)
mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan
pembelian (Y). Variabel yang menpunyai pengaruh paling dominan adalah variabel
kualitas produk dengan nilai thitung (5,889) > ttabel (1,974). Implikasinya agar perlunya
produsen lebih memperhatikan kualitas produk dan merek untuk mempertahankan
pelanggan. Berdasarkan uji secara koefisien determinasi (R2) dapat disimpulkan
kualitas produk (X1) dan merek (X2) berpengaruh sebesar 51,1% terhadap variabel
terikat yaitu keputusan pembelian (Y). Sedangkan sisanya sebesar 48,9% dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 620.004 Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 19 Jun 2023 06:30
Last Modified: 19 Jun 2023 06:30
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6728

Actions (login required)

View Item View Item