Strategi Pemasaran Kripik Kedelai/Tempe Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Usaha Sinar Murni Desa Hasanah Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara

Musdalifah, Musdalifah (2018) Strategi Pemasaran Kripik Kedelai/Tempe Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Usaha Sinar Murni Desa Hasanah Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Musdalifah.pdf] Text
Musdalifah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
MUSDALIFAH 2018. Strategi Pemasaran Kripik Kedelai/Tempe Dalam
Meningkatkan Pendapatan Pada Usaha Sinar Murni
Desa Hasanah Kecamatan Mappedeceng Kabupaten
Luwu Utara, Pembimbing I: Dr. Mahadin Shaleh, M.Si
Pembimbing II: Muh.Ruslan Abdullah, S.EI.,MA.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pendapatan
Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran kripik kedelai/tempe
dalam meningkatkan pendapatan pada usaha Sinar Murni Desa Hasanah
Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimana startegi pemasaran kripik kedelai/tempe dalam
meningkatkan pendapatan pada usaha Sinar Murni Desa Hasanah Kecamatan
Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara, dan bagaimana dampak strategi pemasaran
terhadap kripik kedelai/tempe pada usaha Sinar Murni Desa Hasanah Kecamatan
Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan : a. Untuk
mengetahui strategi pemasaran kripik kedelai/tempe pada usaha Sinar Murni Desa
Hasanah Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara, b. Untuk mengetahui
dampak strategi pemasaran terhadap kripik kedelai/tempe pada usaha Sinar Murni
Desa Hasanah Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara.
Untuk memperoleh data, penulis menggunakan Jenis penelitian deskriptif
kualitatif yaitu suatu proses kegiatan usaha dengan mengungkapkan uraian,
argumen serta keadaan tertentu. Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu
sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah data
yang diperoleh langsung dari pimpinan kripik kedelai/tempe Sinar Murni. Sumber
data ini berasal dari data yang diperoleh melalui hasil wawancara terhadap
informan yang memiliki pengetahuan mengenai penelitian ini. Sedangkan data
sekunder adalah data yang memberikan keterangan tambahan tentang penelitian.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi pemasaran kripik
kedelai/tempe dalam meningkatkan pendapatan pada usaha Sinar Murni Desa
Hasanah Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara adalah dengan
melakukan strategi kebersihan, strategi rasa, strategi kepuasan, strategi harga dan
strategi pengiriman; (2) dampak strategi pemasaran terhadap kripik kedelai/tempe
pada usaha Sinar Murni Desa Hasanah Kecamatan Mappedeceng Kabupaten
Luwu Utara. Dimana apabila melakukan pemasaran kripik secara terus-menerus
maka akan berdampak pada peningkatan pendapatan. Adapun dampak negatif
yang dihadapi dalam pemasaran ini dimana terdapat keluhan dari beberapa
pelanggan mengenai irisan kedelai/tempe yang tebal, namun dampak negatif
tersebut dapat diatasi dengan adanya kerjasama antara pemilik usaha dengan
karyawannya untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut, sedangkan dampak
positifnya ialah volume penjualan semakin meningkat sehingga dapat
menghasilkan laba atau keuntungan serta konsumen puas atas kripik yang
ditawarkan. Hal ini dapat dilihat dengan adanya konsumen yang kembali datang
dalam membeli kripik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 19 Jun 2023 07:11
Last Modified: 19 Jun 2023 07:11
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6736

Actions (login required)

View Item View Item