EFEKTIVITAS TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENANGANI KURANG PERCAYA DIRI SISWA KELAS XI DI SMAN 6 PALOPO

TAJUDDIN, LUTFIAH (2022) EFEKTIVITAS TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENANGANI KURANG PERCAYA DIRI SISWA KELAS XI DI SMAN 6 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of LUTFIAH TAJUDDIN.pdf] Text
LUTFIAH TAJUDDIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Lutfiah Tajuddin, 2022. “Bimbingan Konseling dan Islam Dengan Teknik
Assertive Training Untuk Menangani Kurang Percaya Diri
Siswa Kelas XI Di SMAN 6 Palopo.” Skripsi Program Studi
Bimbingan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan
Dakwah Institut Agama Islam Negeri Palopo. Di Bimbing
oleh Subekti Masri dan Hamdani Thaha.
Skripsi ini membahas tentang pengaruh Teknik Assertive Training dalam
menangani kurang percaya diri siswa kelas XI di SMAN 6 Palopo (Studi pada
siswa kelas XI di SMAN 6 Palopo). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah bimbingan konseling Islam dengan teknik assertive training efektif untuk
menangani kurang percaya diri siswa kelas XI SMAN 6 Palopo. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dengan
desain penelitian control group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini
siswa kelas XI di SMAN 6 Palopo yang berjumlah 265 siswa. Adapun sampel
dalam penelitian ini sebanyak 66 siswa yang dipilih secara stratified random
sampling. Data diperoleh melalui observasi dan kuesioner (angket). Teknik
analisis data dengan menggunakan uji normalitas dan uji-t menggunakan
Indenpendent Sample Test. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa bimbingan
konseling Islam dengan teknik assertive training efektif untuk menangani siswa
kelas XI yang kurang percaya diri di SMAN 6 Palopo. Dilihat dari hasil uji t,
menunjukkan nilai thitung yang didapatkan dari tabel sebesar 11,773. Perbedaan
rata-rata (mean difference) 7,636 dan perbedaan antara 6,337 hingga 8,932 (dilihat
dari lower dan upper). Untuk ttabel di microsoft excel dengan memasukkan rumus
=tinv(5%,31) diperoleh hasil sebesar 2,039. Dapat disimpulkan bahwa thitung
(11,773) > ttabel (2,039). Ini terbukti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara
teknik assertive training dalam meningkatkan percaya diri kelompok eksperimen
dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan treatment. Adapun kenaikan
persentase percaya diri siswa dari pretest ke posttest yaitu sebesar 26%.
Sedangkan sisanya percaya diri dapat ditingkatkan dengan cara lain.
Kata kunci: Bimbingan Konseling Islam, Teknik Assertive training, percaya diri

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:16
Last Modified: 20 Jun 2023 03:16
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6782

Actions (login required)

View Item View Item