STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL DESA TAWAKUA KEC. ANGKONA KAB. LUWU TIMUR (STUDI PADA PASAR TRADISIONAL DESA TAWAKUA)

MILAWATI, MILAWATI (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL DESA TAWAKUA KEC. ANGKONA KAB. LUWU TIMUR (STUDI PADA PASAR TRADISIONAL DESA TAWAKUA). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI MILAWATI.PDF] Text
SKRIPSI MILAWATI.PDF

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Milawati,2022.” Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Desa Tawakua Kec.
Angkona Kab. Luwu Timur (Studi Pasar Tradisional Desa
Tawakua)”. Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Burhan Rifuddin.
Penelitian ini membahas tentang strategi pengembangan Pasar Desa
Tawakua penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan
pasar desa tawakua agar Pasar tersebut dapat bersaing dengan Pasar lainnya.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang memfokuskan pada
strategi pengembangan Pasar. Adapun sumber data dalam penelitian ini terbagi
menjadi dua yaitu data utama (primer) dan data tambahan (sekunder) dengan
metode pengumpulan data melalui cara pengamatan (observasi), wawancara dan
yang terakhir dokumantasi. Sedangkan uji yang dilakukan untuk mengetahuai
keabsahan data adalah kredibiltas, transferbilitas, dependabilitas dan objekvitas
dengan menggunakan analisis data penelitian dengan cara reduksi data, penyajian
data dan menarik kesimpulan.
Adapun ahasil penelitian ini Setelah melakukan analisis dengan
menggunakan matriks EFI (Evaluasi Faktor Internal) dan EFE (Evaluasi Faktor
Eksternal) diketahui faktor strategis internal terhadap pengembangan Pasar Desa
Tawakua yang terdiri dari kekuatan dan kelemahan menunjukan skor tertimbang
2,1 dan faktor strategis eksternal terhadap pengembangan Pasar Desa Tawakua
terdiri dari peluang dan ancaman menunjukan skor tertimbang sebesa 2,31 Pada
factor internal memiliki 3 poin kekuatan dan 4 poin kelemahan. Kekuatan Variasi
Komoditi, keakraban pedagang dan konsumen, komoditi pertanian dan
perkebunan yang unggul. Kelemahan jauh dari Kota, fasilitas pasar, hari
operasional Pasar. Sedangkan dari sisi eksternal terdapat 4 poin peluang dan 3
poin ancaman. Peluang Budaya tawar menawar di pertahankan, mata pencaharian
masyarakat,lokasi ditengah desa, banyaknya pendududuk. Ancaman adanya fitur
belanja online, pasar modern, adanya kebijakan pemerintah di masa pandemic,
kenaikan harga komoditas.
Kata Kunci : Strategi, Pengembangan Pasar Tradisional, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650 Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:17
Last Modified: 20 Jun 2023 03:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6783

Actions (login required)

View Item View Item