ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DENGAN MENGGUNAKAN THREE TIER TEST DI SMP NEGERI 1 TOWUTI

SAFAAH, IRWANA NUR (2022) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DENGAN MENGGUNAKAN THREE TIER TEST DI SMP NEGERI 1 TOWUTI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of IRWANA NUR SAFAAH.pdf] Text
IRWANA NUR SAFAAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Irwana Nur Safaah, 2022, Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Segiempat
dengan Menggunakan Three Tier Test di SMP Negeri 1
Towuti. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Palopo.Dibimbing oleh Sumardin Raupu dan
Arsyad L.
Skripsi ini membahas tentang analisis miskonsepsi siswa pada materi
segiempat dengan menggunakan three tier test di SMP Negeri 1 Towuti.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran miskonsepsi siswa serta
faktor penyebab miskonsepsi siswa pada materi segiempat dengan menggunakan
three tier test.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) tes tertulis yang
berbentuk three tier test kepada seluruh siswa kelas VIIB (2) wawancara yang
dilakukan kepada 6 subjek berdasarkan kategori nilai (3) dokumentasi. Subjek
penelitian ini adalah 23 orang peserta didik Kelas VII B. Analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil three tier test
yangtelah diberikan kepada 23 siswa mayoritas siswa mengalami miskonsepsi
dengan persentase sebesar 48,8% yang terjadi pada kategori miskonsepsi murni
dan miskonsepsi (false positive). Miskonsepsi ini terjadi pada setiap indikator
pembelajaran materi segiempat.Adapun faktor yang menyebabkan siswa
mengalami miskonsepsi yaitu karena kurangnya kemampuan siswa dalam
memahami konsep dari segiempat secara mendalam, kurangnya minat belajar
siswa pada matematika dan dalam mengerjakan soal yang berkaitan dengan materi
segiempat, dan metode yang sering guru gunakan yaitu metode ceramah dan guru
tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau mengemukakan
pendapat merka mengenai materi yang dipelajari, misalnya mereka
mengemukakan pendapat tentang definisi segiempat, sehingga menyebabkan
siswa kesulitan memahami materi segiempat.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Three Tier Test, Segiempat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 22 Jun 2023 00:26
Last Modified: 22 Jun 2023 00:26
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6818

Actions (login required)

View Item View Item