P E N G E M B A N G A N B A H A N A J A R S U B T E M A 2 P K N K E B E R S A M A A N D A L A M K E B E R A G A M A N TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS IV SDN 50 BULU DATU PALOPO

SARI, WANDA (2022) P E N G E M B A N G A N B A H A N A J A R S U B T E M A 2 P K N K E B E R S A M A A N D A L A M K E B E R A G A M A N TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS IV SDN 50 BULU DATU PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of skripsi asli (2).pdf] Text
skripsi asli (2).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Wanda Sari, 2022. “Pengembangan Bahan Ajar Subtema 2 PKn Kebersamaan
Dalam Keberagaman Terintegrasi Pendidikan Karakter Pada
Siswa Kelas IV SDN 50 Bulu Datu Palopo” Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh St. Marwiyah, dan Rosdiana.
Penelitian ini mengenai Pengembangan Modul Pembelajaran PKn Pokok
Bahasan Kebersamaan Dalam Keberagaman Terintegrasi Pendidikan Karakter
Kelas IV SDN 50 Bulu Datu Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Prosedur pengembangan bahan ajar PKn pokok bahasan kebersamaan dalam
keberagaman terintegrasi pendidikan karakter kelas IV SDN 50 Bulu Datu Palopo
dan untuk mengetahui Validitas bahan ajar PKn pokok bahasan kebersamaan
dalam keberagaman terintegrasi pendidikan karakter kelas IV SDN 50 Bulu Datu
Palopo dengan jumlah 21 orang.
Penelitiaan ini dilakukan dikelas IV SDN 50 Bulu Datu Palopo dengan
menggunakan beberapa instrumen seperti : Observasi, wawancara guru,
dokumentasi. Teknik analisis data Jenis penelitian ini adalah pengembangan R&D
dengan menggunakan model Hannafin dan Peck yaitu: (1) Tahap Analisis. (2)
Tahap Design, dan (3) Tahap Pengembangan.
Hasil penelitian yang dilakukan berupa modul pembelajaran PKn. (1)
prosedur pengembangan bahan ajar PKn terintegrasi pendidikan karakter ini
mengacu pada model pengembangan Hannafin dan Peck. (2) Hasil kevalidan
bahan ajar PKn dengan menggunakan rumus likert. Kevalidan ahli desain 75%
valid, ahli bahasa 83% sangat valid, dan ahli materi 81% sangat valid. Sehingga
produk ini bisa dikatakan sangat valid.
Kata kunci : Modul pembelajaran, PKn, Pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:32
Last Modified: 26 Jun 2023 01:32
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6859

Actions (login required)

View Item View Item