STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK SIMPANAN PELAJAR PADA BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU TOMONI

FIRDAYANTI, FIRDAYANTI (2022) STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK SIMPANAN PELAJAR PADA BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU TOMONI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of FIRDAYANTI.pdf] Text
FIRDAYANTI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Firdayanti, 2022. “Strategi Bauran Pemasaran Tabungan Simpanan Pelajar
Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu
Tomoni”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Edi Indra Setiawan, S.E., M.M
Skripsi ini membahas tentang strategi bauran pemasaran produk tabungan
simpel pada Bank BSI KCP Tomoni. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui
penerapan strategi produk (product) tabungan simpel pada BSI KCP Tomoni;
Untuk mengetahui penerapan strategi harga (price) tabungan simpel pada BSI
KCP Tomoni; Untuk mengetahui penerapan strategi tempat (place) tabungan
simpel pada BSI KCP Tomoni; Untuk mengetahui penerapan strategi promosi
(promotion) tabungan simpel pada BSI KCP Tomoni; Untuk mengatahui kendala�kendala dalam pemasaran tabungan simpel pada BSI KCP Tomoni. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menerapkan studi lapangan (field
research) dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari
funding transaction staff, operational staff, customer service, serta 2 orang
nasabah BSI KCP Tomoni. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data
primer dan data sekunder yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran
tabungan simpel pada BSI KCP Tomoni yang diterapkan melalui bauran
pemasaran (marketing mix) 4P yaitu: Strategi product yaitu dengan menerapkan
akad wadi’ah tanpa adanya bagi hasil dengan nasabah, menyediakan mobile
banking, gratis biaya tarik tunai, serta memberikan persyaratan yang mudah bagi
calon nasabah. Strategi price yaitu menjelaskan kepada nasabah akad yang ingin
digunakan serta berapa bagi hasilnya, tabungan simpel pada BSI tidak memiliki
potongan, serta tarif dan biaya yang ditetapkan cukup terjangkau bagi pelajar.
Strategi place yaitu lokasi BSI yang cukup strategis yang berada di jalan utama,
dekat pasar dan pusat perbelanjaan, dekat dengan sekolah-sekolah. Strategi
promotion yaitu melakukan door to door dari sekolah-sekolah serta menjadi
sponsor pada kegiatan yang ada disekolah atau pesantren yang melakukan
kerjasama dengan BSI KCP Tomoni, memasang iklan di media sosial facebook
dan instagram serta memasang spanduk dan sebar brosur. Kendala yang dihadapi
BSI KCP Tomoni dalam pemasaran tabungan simpel adalah kurangnya
pemahaman dan pengetahuan masyarakat utamanya orang tua terhadap perbankan
syariah, bank belum memperluas sosialisasi produk, serta minat menabung pelajar
yang masih sangat kurang.
Kata Kunci: Pemasaran, tabungan simpanan pelajar, marketing mix 4P

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:48
Last Modified: 26 Jun 2023 02:48
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6870

Actions (login required)

View Item View Item