MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS AYAT-AYAT TENTANG SIKLUS AIR DALAM AL-QURA’AN DI SDN 50 BULU DATU(PENELITIAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 50 BULU DATU)

HUSNA, ASMAUL (2022) MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS AYAT-AYAT TENTANG SIKLUS AIR DALAM AL-QURA’AN DI SDN 50 BULU DATU(PENELITIAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 50 BULU DATU). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ASMAUL HUSNA.pdf] Text
ASMAUL HUSNA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Asmaul husna, 2022. “Modul Pembelajaran Berbasis Ayat-Ayat Tentang Siklus
Air Dalam Al-Qur‟an di SDN 50 Bulu Datu (Penelitian Pengembangan
Bahan Ajar pada Peserta Didik Kelas V SDN 50 Bulu Datu Kota Palopo).
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Pembimbing (1) Dr. Muhaemin, dan pembimbing (2) Dr. Kartini.
Penelitian ini mengenai Pengembangan Modul pembelajaran berbasis
ayat-ayat tentang siklus air dalam Al-qur‟an. Adapun tujuannya adalah untuk
mengetahui (1) Modul pembelajaran berbasis ayat-ayat tentang Siklus Air dalam
Al-qur‟an di SDN 50 Bulu Datu pada peserta didik kelas V dan (2) Prototype awal
modul pembelajaran berbasis ayat-ayat tentang siklus air dalam Al-qur‟an di SDN
50 Bulu Datu pada pserta didik kelas V.
Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D),
untuk mengembangkan produk, penelitian kali ini menggunakan model
pengembangan ADDIE yang terdiri dari tiga tahap yaitu: tahap analysis, tahap
desain, dan tahap development. Penelitian ini dilaksanakan SDN 50 Bulu Datu
berlokasi di Jl. Kakatua, Prumnas Rampoang, Kec.Bara, Kota Palopo. Adapun
yang menjadi subjek penelitian adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 30
orang. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu: observasi,
dokumentasi, wawancara, validasi.
Hasil penelitian ini bahwa modul pembelajaran Siklus Air berbasis ayat�ayat dalam al-qur‟an oleh ketiga validator dengan beberapa revisi melalui
komentar dan saran dari validator. Menunjukkan bahwa, kevalidan seperti bahasa
80% dan masuk dalam ketegori valid, kemudian kevalidan materi yaitu kisaran
86% dan masuk dalam kategori sangat valid sedangkan desain modul
pembelajaran Siklus Air yaitu 90% atau masuk kategori sangat valid.
Kata Kunci: Pengembangan Modul, Siklus Air, Ayat-ayat Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:25
Last Modified: 26 Jun 2023 03:25
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6872

Actions (login required)

View Item View Item