IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS X DI SMKN 3 LUWU

NURFADILA, NURFADILA (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS X DI SMKN 3 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURFADILA.pdf] Text
NURFADILA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nurfadila, 2023. “Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Peserta Didik Kelas
X Di SMKN 3 Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh bapak Dr. H. Hasbi., M.Ag. dan bapak
Makmur., S.Pd.I., M.Pd.I.
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Nilai-nilai Pendidikan
Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Peserta Didik
Kelas X di SMKN 3 Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui
Gambaran karakter peserta didik kelas X di SMKN 3 Luwu, 2) Implementasi nlai�nilai pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap
peserta didik kelas X di SMKN 3 Luwu, 3) Mengetahui faktor pendukung dan
penghambat terhadap implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada
pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap peserta didik kelas X di SMKN 3
Luwu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif
yang menggambarkan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan
fakta-fakta yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu
merangkum data yang telah didapatkan, menyajikan data, dan membuat
kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran karakter peserta didik
kelas X di SMKN 3 Luwu sudah cukup baik, meskipun ada beberapa peserta didik
yang memiliki karakter yang buruk oleh karena itu, masih perlu pengajaran,
didikan serta pembiasaan. 2) Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada
pembelajaran pendidikan agama Islam sudah berjalan dengan baik melalui
pembelajaran praktek seperti sholat dhuha, sholat dzuhur dan tugas mandri
maupun kelompok. 3) Faktor pendukung dalam implementasi nilia-nilai
pendidikan karakter di SMKN 3 Luwu meliputi adanya kegiatan ekstrakurikuler
Rohis, lingkungan sekolah yang baik, tata tertib, serta sinegritas antar guru dan
juga komunikasi yang baik antar guru dan peserta didik Faktor penghambat
implementasi nilai-nilai pendidikan karakter di SMKN 3 Luwu meliputi
kurangnya jam pelajaran PAI guna memaksimalkan pembelajaran teori dan
praktek, serta kurangnya pengawasan diluar sekolah yang akan berdampak pada
kebiasaan peserta didik yang telah di ajarkan di sekolah.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Guru Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:16
Last Modified: 04 Jul 2023 07:16
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6961

Actions (login required)

View Item View Item