PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI THAHARAH DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 PALOPO

ASMIANI, ASMIANI (2023) PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI THAHARAH DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ASMIANI.pdf] Text
ASMIANI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Asmiani, 2023. Pengembangan Modul Pendidikan Agama Islam Materi Thaharah
Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Palopo. Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh Hj. St.
Marwiyah dan Lisa Aditiya Dwiwansyah Musa.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Modul Pendidikan Agama
Islam Materi Thaharah Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Palopo,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran prosedur Pengembangan
Modul Pendidikan Agama Islam Materi Thaharah Di Kelas VII Sekolah
Menengah Pertama Negeri 5 Palopo memenuhi valid dan praktis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Untuk menghasilkan
produk modul pembelajaran pendidikan agama Islam materi thaharah di kelas VII
sekolah menengah pertama negeri 5 Palopo. Peneliti menggunakan model ADDIE
dengan singkatan lima tahap pengembangan yaitu: (1) Tahap Analisis, (2) Tahap
Desain, (3) Tahap Pengembangan, (4) Tahap Implementasi, (5) Tahap Evaluasi.
Penelitian ini menghasilkan berupa modul pembelajaran pendidikan agama
Islam. Selain itu dalam modul telah dicantumkan beberapa halaman yaitu:
halaman sampul, kata pengantar, daftar isi, glosarium, halaman KD dan KI,
halaman materi, halaman contoh soal, kisah teladan, panduan penggunaan bahan
ajar, peta konsep, tujuan pembelajaran, renungan, daftar pustaka dan sampul
belakang. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Palopo. Hasil validasi produk
media pembelajaran dari ahli media dan ahli materi/isi memperoleh presentase
masing-masing 90,3% dan 100% dengan rata-rata skor presentase 90,15% yang
artinya sangat valid. Untuk uji kepraktisan modul diperoleh dari guru mata
pelajaran pendidikan agama Islam dan respon peserta didik di SMP Negeri 5
Palopo masing-masing memperoleh presentase 100% dan 97,3% dengan rata-rata
skor presentase 98% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil yang
diperoleh pada pengembangan modul pembelajaran pendidikan agama Islam
dapat menjadi modul pembelajaran yang praktis digunakan.
Kata Kunci : Modul, Pendidikan Agama Islam, Materi Thaharah, SMP
Negeri 5 Palopo

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:21
Last Modified: 04 Jul 2023 07:21
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6962

Actions (login required)

View Item View Item