IMPLEMENTASI METODE WAFA PASCA PANDEMI COVID-19 KELAS 5 DI SDIT INSAN MADANI KOTA PALOPO

MARWING, AMALIYAH (2022) IMPLEMENTASI METODE WAFA PASCA PANDEMI COVID-19 KELAS 5 DI SDIT INSAN MADANI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of AMALIYAH MARWING.pdf] Text
AMALIYAH MARWING.pdf

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK
xxv
Amaliyah Marwing, 2022, “Implementasi Metode Wafa Pasca Pandemi Covid-19
Kelas 5 di SDIT Insan Madani kota Palopo”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing (I)
Fatmaridah Sabani dan Pembimbing (II) Mustafa.
Skripsi ini membahas tentang penerapan metode wafa pasca pandemi covid�19 dengan pendekatan metodologi dan jenis penelitian deskriptif kelas V di SDIT
Insan Madani kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui
bagaimana penerapan metode wafa pasca pandemi covid-19 (2) Mengetahui faktor
penghambat dan faktor pendukung dalam penerapan metode wafa pasca pandemi
covid-19 yang dilakukan pada kelas V SDIT Insan Madani kota Palopo. Peneliti
mengacu pada penelitian kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti melakukan
penelitian dengan lembar observasi (Catatan Lapangan), wawancara dan studi
dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDIT Insan Madani kota Palopo,
adapun subjek pada penelitian ini yakni kepala sekolah, guru wafa dan siswa kelas
V menggunakan beberapa instrumen seperti wawancara guru, catatan lapangan dan
studi dokumentasi.
Hasil penelitan ini menunjukkan: Pertama; implementasi metode wafa
pasca pandemi covid-19 dilakukan dengan beberapa tahapan yakni: perancangan
kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi. semua kegiatan tersebut berjalan
sesuai dengan harapan. Kedua; faktor penghambat dan faktor pendukung dari
implementasi metode wafa pasca pandemi covid-19 yaitu: faktor penghambat:
Adanya pandemi Covid-19, banyaknya bacaan yang terlupa dari peserta didik itu
sendiri, peserta didik banyak yang mengalami sakit dan tidak dapat mengikuti
proses pembelajaran, peserta didik tidak mengulang bacaannya dirumah. Faktor
pendukung: Para pengajar wafa yang sudah memenuhi kualifikasi dan kompetensi
yang telah ditetapkan oleh wafa pusat, sarana dan prasarana yang memadai
sehingga pembelajaran wafa dapat terlaksana dengan baik, media pembelajaran
seperti buku tilawah wafa, buku peraga besar, peraga kartu dan media lainnya yang
mendukung proses pembelajaran, serta alokasi waktu yang tidak terlalu lama
membuat peserta didik fokus terhadap pembelajaran dan tidak mudah merasa
bosan. Adapun prinsip pembelajaran yang relevan dengan peserta didik kelas 5
yaitu, metode otak kanan, long term memory, dan nada hijaz.
Kata Kunci:Implementasi, Metode Wafa, Pasca pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 06 Jul 2023 00:31
Last Modified: 06 Jul 2023 00:31
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6965

Actions (login required)

View Item View Item