PENERAPAN MEDIA EDPUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII2 UPT SMPN 4 MAPPEDECENG KABUPATEN LUWU UTARA

HASNITA, HASNITA (2022) PENERAPAN MEDIA EDPUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII2 UPT SMPN 4 MAPPEDECENG KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of HASNITA.pdf] Text
HASNITA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Hasnita, 2022. “Penerapan Media Edpuzzle untuk Meningkatkan Keaktifan dan
Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII2 UPT SMPN 4 Mappedeceng
Kabupaten Luwu Utara”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Nur Rahmah dan Sumardin Raupu.
Skripsi ini membahas tentang penerapan media Edpuzzle untuk
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII2 UPT SMPN 4
Mappedeceng dalam kegiatan pembelajaran.
xxiii
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan
dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan pelaksanaan tindakan.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 UPT SMPN 4 Mappedeceng
pada semester ganjil tahun ajaran 2022 yang berjumlah 16 orang siswa. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi keaktifan siswa
dan guru, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara
kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan media
Edpuzzle dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa. Aktivitas
siswa secara kalisikal pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 59,07% dengan
kategori “Cukup” dan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 67,5% dengan
kategori “Baik”. Hasil aktivitas guru pada siklus I diperoleh 68,44% dengan kategori
“Baik” dan pada siklus II mencapai 78,12% dengan kategori “Baik”. Hasil belajar
matematika siswa mengalami peningkatan yakni 40%, hal ini dibuktikan dengan rata�rata persentase hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 36,5% meningkat pada
siklus I dengan diperoleh rata-rata sebesar 54,29% termasuk kategori “Sangat
Rendah”. Jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 3 orang siswa dengan persentase
sekitar 21,43% dan pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 75,43% dengan kategori
“Cukup”. Jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 10 orang siswa dengan persentase
sekitar 71,43%. Dari hasil penelitian ini terlihat bahwa dengan melalui penerapan
media Edpuzzle dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa
kelas VIII2 UPT SMPN 4 Mappedeceng. Dengan demikian, penerapan media
Edpuzzle dapat direkomendasikan untuk digunakan dalam proses pembelajaran
matematika.
Kata Kunci: Media Edpuzzle, Keaktifan, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:46
Last Modified: 07 Jul 2023 06:46
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6967

Actions (login required)

View Item View Item