EFEKTIVITAS AGEN BRILINK DALAM PENINGKATAN PELAYANAN DI BRI UNIT BULO KECAMATAN WALENRANG KABUPATEN LUWU

JEWED, FAUZIAH (2022) EFEKTIVITAS AGEN BRILINK DALAM PENINGKATAN PELAYANAN DI BRI UNIT BULO KECAMATAN WALENRANG KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of FAUZIAH JEWED.pdf] Text
FAUZIAH JEWED.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Fauziah Jewed, 2018. ”Efektivitas Agen BRILink Dalam Peningkatan PElayanan
Di BRI Unit Bulo Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu”. Skriipsi
Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hendra Safri, S.E.,
M.M
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Agen BRILink Dalam
Peningkatan Pelayanan di BRI Unit Bulo Kecamatan Walenrang Kabupaten
Luwu. Penelitian ini bertujuan: Mengetahui tentang penerapan BRILink di
Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu; Mengetahui tentang efektivitas
penggunaan agen BRILink di Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu.
. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
metode deskriptif yang dilakukan dengan cara menafsirkan data yang diperoleh
dalam bentuk kalimat. Lokasi penelitian dilakukan di BRI Unit Bulo, dengan
masa penelitian ± 1 bulan yang dilaksanakan pada tanggal 26 September 2022
sampai dengan tanggal 26 Oktober 2022. Informan dalam penelitian ini terdiri
dari PAB (Petugas Agen BRILink), Karyawan BRI, 3 Agen BRILink dan 5
Nasabah BRI.. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data
sekunder yang diperoleh dengan teknik pengumpulan data melalui kegiatan
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian pertama mendeskripsikan bahwa penerapan Agen
BRILink dalam peningkatan pelayanan di BRI Unit Bulo kecamatan walenrang
kabupaten Luwu merupakan perluasan layanan BRI, dimana BRI bekerja sama
dengan nasabahnya dalam bentuk agen untuk memberikan pelayanan perbankan
secara real time online menggunakan mesin EDC, yang pelayanannya hamper
sama seperti halnya yang ada di kantor maupun Unit BRI, agar masyarakat yang
utamanya tinggal di daerah pedesaan dan sulit menjangkau kantor atau unit BRI
terdekat dapat tersentuh oleh layanan perbankan dengan mudah, cepat, dan aman.
Selanjutnya hasil penelitian kedua menyimpulkan bahwa bentuk efektivitas agen
BRILink merupakanhubungan anatara output suatu tanggung jawab dengan
sasaran yang ingin dicapai, semakin besar kontribusi daripada output yang
dihasilkan terhadap nilai pencapaian sasaran tersebut.
Selanjutnya, kesimpulan dari penelitian ini adalah agen BRILink
merupakan strategi BRI yang dinilai efektif dan efisien, hal ini dapat dilihat dari
diihapuskannya teras BRI dan di fokuskan pada agen BRILink, bahkan BRI juga
membuat kebijakan yaitu memberhentiikan sementara pendaftaran agen BRILink
baru karena ingin meningkatkan pendapatan age yang telah lama memulai usahan.
Hal ini juga dii perkuat dari hasil wawancara beberapa nasabah yang menyatakan
bahwa mereka lebih menyukai transaksi di agen BRILink daripada harus
mengantri panjang di Unit BRI dan mereka juga tidak mempermasalahkkan biaya
yang dikeluarkan karena biayanya cukup terjangkau dan mereka merrasa puas
karena mendapat pelayanan langsung tanpa harus mengantri dan jauh-jauh ke Unit
BRI.
Kata Kunci: Agen BRILink, Peningkatan Pelayanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:15
Last Modified: 11 Jul 2023 01:15
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6971

Actions (login required)

View Item View Item