PENGARUH PEMODELAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 RONGKONG

SAKINA, SITI (2022) PENGARUH PEMODELAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 RONGKONG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SITI SAKINA.pdf] Text
SITI SAKINA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Sakina, 2022. ” Pengaruh Pemodelan Matematika Terhadap Kemampuan
Argumentasi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rongkong”. Skripsi Program
Studi PendidkanMatematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nur Rahmah
dan Hisbullah.
Skripsi ini membahas tentang pengaruh pemodelan matematika terhadap
kemampuan argumentasi siswa kelas VIII SMPN 1 Rongkong. Penelitian ini
bertujuan: Untuk melihat kemampuan argumentasi siswa pada kelas yang di ajar
tanpa menggunakan pembelajaran Pemodelan Matematika; Untuk melihat
kemampuan argumentasi pada kelas yang yang diajar dengan pembelajaran
pemodelan matematika; Untuk mengetahui Pengaruh Pemodelan Matematika
Terhadap Kemampuan Argumentasi Siswa.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif berupa penelitian eksperimen.
Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rongkong yang terdiri
dari 2 kelas dengan jumlah 44 siswa. Pengambilan sampel secara matching group
Sampel yang digunakan sebanyak 2 (dua) kelas yang masing-masing terdiri dari
22 siswa. Data diperoleh melalui obsevasi dan tes, data hasil tes kemudian diolah
dengan analisis uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan argumentasi siswa
siswa pada kelas yang di ajar tanpa menggunakan pembelajaran pemodelan
Matematika memiliki perolehan data dengan nilai rata-rata sebesar 57,77 dengan
kategori sangat baik. 2) Kemampuan argumentasi siswa pada kelas yang diajar
dengan menggunakan pemodelan matematika memiliki perolehan data dengan
nilai rata-rata sebesar 70,91 dengan kategori sangat baik. 3) Pengujian hipotesis
yang menggunakan uji-t dengan taraf signifikan (α) = 5%, yang menunjukkan
sehingga berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka
ditolak dan diterima. Rata-rata kemampuan argumentasi siswa kelas
eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata kemampuan argumentasi siswa pada
kelas kontrol. Berdasarkan data kemapuan dan uji hipotesis tersebut maka
disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pemodelan berpengaruh dalam
meningkatkan kemampuan argumentasi pada siswa kelas eksperimen.
Kata kunci: Pemodelan Matematika, Kemampuan Argumentasin Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 20 Jul 2023 00:46
Last Modified: 20 Jul 2023 00:46
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6983

Actions (login required)

View Item View Item