PERAN GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK SETELAH MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO

NASIR, MUH. NABIL ADITYA (2023) PERAN GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK SETELAH MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MUH. NABIL ADITYA NASIR.pdf] Text
MUH. NABIL ADITYA NASIR.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Muh. Nabil Aditya Nasir, 2023. “Peran Guru Dalam Pembinaan Akhlak
Peserta Didik Setelah Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah
Aliyah Negeri Palopo”. Skripsi Program Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Dr. H. Bulu, M.Ag.
dan Muh. Agil Amin, S.Pd.I, M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang Peran Guru Dalam Pembinaan Akhlak
Peserta Didik Setelah Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Aliyah Negeri
Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bentuk-bentuk
penyimpangan akhlak peserta didik setelah masa pandemi covid-19 di
Madrasah Aliyah Negeri Palopo, (2) Mengetahui peran guru dalam
pembinaan akhlak peserta didik setelah masa pandemi covid-19 di Madrasah
Aliyah Negeri Palopo, (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat
guru dalam pembinaan akhlak peserta didik Madrasah Aliyah Negeri
Palopo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Palopo
dan waktu pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama tiga bulan. Subjek
penelitian yaitu: Guru BK, guru Umum guru Pendidikan Agama Islam, dan
peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(1)Bentuk-bentuk
penyimpangan akhlak peserta didik setelah masa pandemi covid-19 di
Madrasah Aliyah Negeri Palopo: (a) Bermain smartphone saat belajar, (b)
Terlambat datang ke sekolah (c) Sebagian kecil malas melaksanakan sholat
dzuhur. (2) Peran guru dalam pembinaan akhlak peserta didik setelah masa
pandemi covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri Palopo: (a) Sebagai pendidik,
(b) Sebagai tauladan, (c) Sebagai pemberi arahan dan motivasi. (3) Faktor
pendukung dan penghambat guru dalam pembinaan akhlak peserta didik di
Madrasah Aliyah Negeri Palopo: (a) Faktor pendukung, dasar sekolah
agama.(b) Faktor penghambat tidak ada komunikasi antara orang tua di
rumah dan guru di sekolah.
Kata Kunci: Peran Guru, Pembinaan, Akhlak, Peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:39
Last Modified: 20 Jul 2023 01:39
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6989

Actions (login required)

View Item View Item